Keluarga

4 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Merenovasi Rumah

4 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Merenovasi Rumah

MOMSMONEY.ID - Jika Anda berencana merenovasi rumah dalam waktu dekat, tentu perlu menyiapkan banyak hal. Mulai dari memilih kontraktor yang tepat, hingga mempersiapkan diri menghadapi rumah yang berdebu dan berantakan. 

Jika ingin tenang, Anda bisa memilih kontraktor yang sudah memiliki sejarah pengerjaan yang terpercaya. Meski itu artinya harus mengeluarkan banyak uang. Namun, setidaknya Anda mendapatkan jaminan renovasi yang sesuai dengan keinginan.

Setelah memilih kontraktor, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan renovasi rumah, dilansir dari House Digest!

Pilih ruangan untuk Anda tetap bisa beraktivitas

Sebelum memilih ruangan ini, pastikan beberapa hal kepada kontraktor. Tanyakan bagaimana stadar kerja mereka saat selesai renovasi di sore hari?

Bagaimana mereka akan meninggalkan pekerjaan saat hari libur? Sepakati bahwa saat pekerjaan selesai, semua peralatan harus dirapikan dan dibersihkan. Sehingga Anda tetap bisa beraktivitas saat kontraktor pulang. 

Selama masa renovasi, coba pilih satu ruangan untuk Anda bisa beraktivitas. Pilih ruangan yang agak jauh dari lokasi rumah yang sedang direnovasi. Anda juga masih bisa pergi untuk menikmati kopi sejenak. 

Baca Juga: 10 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Meninggalkan Rumah

Buat perencanaan dengan baik

Saat melakukan renovasi, tak mungkin rencana bisa berjalan sesuai keinginan. Namun jangan terlalu stres.

Anda tetap bisa membuat rencana, misalnya membeli makanan di luar jika dapur direnovasi. Manfaatkan waktu ini untuk menikmati restoran baru dan menyapa teman lama. 

Gunakan kesempatan ini untuk mengurangi barang di rumah

Saat renovasi, Anda perlu membersihkan ruangan dari barang-barang yang menghalangi proses perbaikan. Gunakan kesempatan ini untuk memilah barang yang tidak digunakan lagi. Donasikan atau jual barang yang masih layak pakai, dan buang sisanya. 

Kemudian masukkan barang-barang yang masih digunakan dalam kardus atau kotak penyimpanan lainnya. Letakan di sudut rumah atau garasi yang terhindar dari hujan, panas dan lokasi renovasi yang berpotensi merusak barang. 

Baca Juga: Ingin Memelihara Anjing? 5 Jenis Anjing Kecil Ini Cocok untuk Dipelihara Loh!

Jauhkan hewan peliharaan dari lokasi renovasi

Hewan peliharaan memiliki sifat alami yang penasaran pada segala hal. Tentu ini membuatnya akan sering mendatangi lokasi renovasi. Padahal di lokasi ini akan banyak barang yang berbahaya bagi mereka. Selain itu hewan peliharaan juga mudah stres dengan suara bising dan membuat mereka lebih agresif. 

Ada baiknya memberikan perhatian ekstra pada hewan peliharaan, atau menitipkannya di rumah kerabat. Jika Anda memiliki tempat penitipan hewan terpercaya, lebih baik titipkan di sana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News