Keluarga

4 Hal yang Menandakan Kalau Lampu Harus Diganti

4 Hal yang Menandakan Kalau Lampu Harus Diganti

MOMSMONEY.ID - Masih banyak orang yang berpikir bahwa lampu hanya perlu diganti jika sudah mati sepenuhnya. Padahal, kamu juga bisa mengganti lampu yang kualitasnya menurun karena berisiko menyebabkan korsleting hingga kebakaran.

Berikut ada beberapa tanda lainnya yang menunjukkan kalau lampu sudah harus diganti.

1. Mengeluarkan suara

Suara berdesis dari lampu menunjukkan bahwa ada tegangan listrik yang tidak stabil atau kerusakan kabel. Jadi, kamu perlu mengecek bagian kabel, saklar, dan fitting atau dudukan lampu.

2. Bau terbakar

Jika kamu mencium bau terbakar dari lampu, tandanya ada percikan arus listrik yang bisa menghanguskan pelapis kawat. Akibatnya, lampu  mengalami korsleting, sehingga bisa berisiko menyebabkan kebakaran.

Jadi, kamu harus segera mematikan lampu dan memeriksa bagian kabel. Pastikan langsung ganti dengan lampu baru bila memang ada kerusakan.

3. Cahaya lampu terlalu panas

Hal ini biasanya disebabkan karena lampu tidak cocok dengan soket yang digunakan, masalah pada sirkuit listrik,dan ada komponen yang rusak. Bila didiamkan begitu saja, lampu akan cepat rusak dan berakibat buruk.

4. Cahaya lampu berkedip-kedip

Kedipan cahaya lampu juga bisa menjadi indikasi adanya masalah pada sirkuit listrik yang terhubung. Penyebabnya cukup beragam, seperti kabel yang longgar, beban listrik terlalu berat, dan  lampu sudah terlalu lama. Jadinya, komponen internal lampu mengalami keausan dan harus diganti.

Yuk, segera ganti dengan lampu baru kalau kamu sudah melihat tanda-tanda di atas. Tenang, kamu bisa menemukan berbagai model lampu hanya di ruparupa.

Di sini, kamu juga dapat membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga, seperti rak gantung, lampu hias, lampu taman, lampu bohlam, lampu gantung, lemari, dan tempat tidur dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, Krisbow, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Pet Kingdom, SELMA, Susen, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News