HOME, Keluarga

4 Hal Penting Diperhatikan Jika Gunakan Pembersih Rumah Buatan Sendiri

4 Hal Penting Diperhatikan Jika Gunakan Pembersih Rumah Buatan Sendiri

MOMSMONEY.ID - Saat ini, banyak orang yang mulai beralih menggunakan produk pembersih buatan rumah sebagai alternatif produk pembersih konvensional buatan pabrik.

Biasanya, produk kebersihan ini dibuat dari bahan-bahan yang biasa ditemukan di rumah, misalnya bahan-bahan dapur. Jadi, produk pembersih buatan sendiri umumnya sangat mudah dibuat dan dianggap lebih natural dibandingkan dengan produk pembersih konvensional.

Walaupun mudah dibuat dan digunakan, nyatanya pembersih rumah buatan sendiri juga perlu digunakan dengan cermat supaya rumah Anda tetap bersih tanpa efek samping tertentu.

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan produk pembersih rumah buatan sendiri. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Produk Pembersih Rumah yang Tidak Boleh Dicampur, Bahaya untuk Kesehatan!

Simpan di wadah tertutup

Ketika membuat produk pembersih yang perlu disimpan, pastikan Anda menyimpannya di wadah tertutup, misalnya toples atau botol.

Dikutip dari The Seattle Times, jangan lupa untuk memberi label pada wadahnya sehingga penghuni rumah tidak salah mengambil barang. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menuliskan bahan-bahan yang dicampurkan pada produk pembersih tersebut sehingga penghuni rumah tahu apa saja komposisi produk yang digunakan.

Simpan di luar jangkauan anak-anak

Selain menyimpan produk pembersih di wadah tertutup, Anda juga perlu menyimpannya di luar jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, seperti rak tinggi atau kabinet yang terkunci.

Walaupun terbuat dari bahan-bahan yang dianggap alami, campuran bahan tertentu bisa berakibat fatal pada anak-anak dan hewan peliharaan jika tidak sengaja terkonsumsi. Tidak hanya itu, produk yang tumpah dan berceceran akibat dimainkan anak-anak juga dapat mengotori rumah Anda.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menggunakan Produk Pembersih Rumah, Bisa Berbahaya!

Periksa keamanan bahan-bahan yang digunakan

Produk pembersih rumah buatan sendiri memang dianggap lebih natural. Namun, keamanannya tetap harus diperhatikan karena tidak semua bahan bisa dicampur. Selain berbahaya, beberapa campuran bahan tertentu juga bisa mengurangi keampuhannya dalam membersihkan sesuatu.

Misalnya, hindari mencampur bleach atau pemutih pakaian dengan bahan lain kecuali air, karena pemutih pakaian merupakan bahan kimia yang cukup kuat. Sebaiknya, hanya campur pemutih pakaian dengan air.

Selain itu, jangan mencampur baking soda dengan cuka. Walaupun keduanya efektif bila digunakan terpisah, campuran baking soda dengan cuka ternyata tidak efektif dalam membersihkan sesuatu. Selain itu, jika disimpan dalam wadah tertutup, keduanya akan menghasilkan gas dan gelembung yang mengembang sehingga membuat wadahnya meledak.

Baca Juga: Kenali Bahan Dapur yang Dapat Membersihkan Rumah, Dijamin Ampuh!

Tes sebelum digunakan

Terakhir, pastikan Anda selalu mengetes produk pembersih yang dibuat sendiri sebelum benar-benar digunakan.

Mengapa? Sebab, beberapa bahan tertentu justru dapat merusak suatu permukaan bila digunakan secara berlebihan. Misalnya, lemon bisa mengikis lapisan permukaan kayu yang halus dan cuka yang asam bisa menghilangkan kilau di permukaan seperti kayu dan marmer.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan produk pembersih buatan sendiri. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News