4 Gejala Penyakit Kolera, dari Kram otot hingga Dehidrasi

Penulis: Belladina Biananda
Senin, 28 Juni 2021 | 20:40 WIB
4 Gejala Penyakit Kolera, dari Kram otot hingga Dehidrasi

MOMSMONEY.ID - Anda bisa terinfeksi penyakit kolera saat mengonsumsi air yang terkontaminasi. Ada beberapa gejala penyakit kolera yang perlu Anda waspadai.

Kolera adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Vibrio cholerae adalah nama bakteri penyebab penyakit kolera.

Bakteri itu menginfeksi dan meracuni usus halus manusia. Akibatnya, Anda bisa kehilangan banyak cairan dan mengalami diare yang cukup parah. 

Namun, bakteri penyebab kolera juga bisa terdapat di seafood, sayur dan buah mentah, serta biji-bijian utuh. Jadi, sebaiknya Anda menjaga kebersihan makanan dan minuman yang Anda konsumsi, ya.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera periksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat:

Mual dan muntah

Mual dan muntah jadi salah satu gejala penyakit kolera yang cukup sering dialami oleh penderitanya. Mengutip dari Mayo Clinic, kondisi tersebut merupakan gejala awal dan bisa berlangsung selama beberapa jam.

Baca Juga: Menelisik Manfaat Program BPJS Kesehatan

Kram otot

Infeksi bakteri penyebab kolera menyebabkan tubuh kehilangan banyak mineral penting, seperti natrium dan kalium. Nah, kehilangan mineral itulah yang membuat otot tubuh terasa kram dan sakit.

Jika Anda mengalami kram otot disertai gejala yang lain, jangan ragu untuk mengunjungi dokter, ya.

Dehidrasi

Gejala penyakit kolera berikutnya adalah dehidrasi. Biasanya, dehidrasi terasa semakin parah setelah gejala awal kolera muncul selama beberapa jam. Tentu saja, dehidrasi perlu segera Anda atasi supaya kondisi kesehatan tak semakin buruk.

Beberapa tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kehilangan banyak cairan adalah dry mouth atau mulut kering, rasa haus ekstrem, kelelahan, mudah marah, dan kulit keriput. Dehidrasi juga mengakibatkan tekanan darah turun dan detak jantung menjadi tak beraturan.

Baca Juga: Waspada, Virus Covid-19 Berpotensi Nempel Pada Rokok yang Dijual Eceran

Diare

Salah satu gejala penyakit kolera adalah diare.

Penyakit kolera mengakibatkan penderitanya mengalami diare. Melansir Mayo Clinic, diare biasanya terjadi secara tiba-tiba. Hal itu bisa memperparah dehidrasi karena ada semakin banyak cairan yang keluar dari tubuh.

Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala tersebut. Jika terus dibiarkan, kolera bisa menimbulkan berbagai macam komplikasi. Mulai dari hipoglikemia atau jumlah gula darah dalam tubuh yang terlalu rendah, hingga gagal ginjal.

Selanjutnya: Jaga Kesehatan Paru-Paru, Hindari Konsumsi 6 Makanan dan Minuman Ini!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru