Santai

4 Fitur Rahasia Gmail yang Tak Banyak Diketahui Orang! Cari Tahu Yuk!

4 Fitur Rahasia Gmail yang Tak Banyak Diketahui Orang! Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Gmail merupakan salah satu platform email yang hingga saat ini banyak digunakan untuk bertukar pesan melalui internet.

Gmail sendiri memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk mempermudah para penggunanya dalam melakukan aktivitas berkirim pesan.

Namun, tak semua pengguna Gmail mengetahui beberapa fitur rahasia Gmail yang sangat berguna berikut ini.

Baca Juga: Ini Loh 5 Fitur Kolom Email yang Wajib Diketahui Fungsinya, Terutama Profesional!

Undo send

Fitur yang satu ini tentunya menjadi fitur rahasia yang wajib diketahui para pengguna Gmail. Tidak sengaja mengirim email yang salah atau kurang menyertakan attachment dapat dibatalkan dengan menggunakan fitur ini.

Cara menggunakannya pun juga cukup mudah. Biasanya notifikasi undo send atau batalkan pesan akan muncul sesaat setelah pesan terkirim. Dalam durasi 30 detik, Anda bisa memilih fitur tersebut dan membatalkan pesan yang sebelumnya telah terkirim.

Snooze

Snooze adalah fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan pengiriman pesan. Fitur ini bisa digunakan sebagai pengingat dalam kegiatan mengirimkan email.

Bagi yang merasa pelupa, fitur ini bisa menjadi pembantu untuk mengirim email berdasarkan dengan jadwal yang telah ditetapkan. Caranya adalah dengan memilih simbol jam pada email dan pilih waktu yang diinginkan untuk mengirimkan email tersebut.

Baca Juga: Fresh Graduate Wajib Tahu! Ini Daftar 4 Web untuk Bikin CV Online Gratis!

Signature

Signature atau tanda tangan juga bisa ditambahkan pada bagian akhir email. Tentu saja fitur ini akan membuat pesan yang dikirimkan terasa lebih formal dan resmi.

Fitur ini bisa diatur pada menu setting dan kemudian pilih menu tanda tangan pada tampilan semua setelan. Maka tanda tangan atau signature dapat disesuaikan dengan keinginan pengirim pesannya.

Self destruct

Mengirimkan email yang bersifat rahasia tentunya harus dilengkapi dengan keamanan juga. Tenang saja, ada fitur self destruct pada Gmail yang bisa digunakan untuk menghapus pesan secara otomatis.

Dengan menggunakan fitur ini maka penerima email tidak bisa melakukan forward, menyalin, mendownload, maupun mencetak email yang dikirim. Caranya jangan lupa untuk menekan tanda kunci gembok pada email yang akan dikirim. Kemudian pilih masa berlaku email sesuai dengan yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News