HOME, Bugar

4 Fakta Tubuh Bisa Mengidap Alergi Dingin yang Harus Anda Ketahui

4 Fakta Tubuh Bisa Mengidap Alergi Dingin yang Harus Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Alergi dingin merupakan reaksi kulit yang muncul beberapa menit setelah kulit terkena suhu dingin. Pemicunya berasal dari udara, air, dan benda-benda bersuhu dingin yang bersentuhan langsung dengan kulit Anda, dikutip dari Healthline.

Beberapa penyebab lain alergi dingin adalah faktor genetik, memiliki sel kulit yang terlalu sensitif, virus, atau penyakit tertentu. Namun, penyebab pasti alasan tubuh bereaksi demikian terhadap dingin masih belum diketahui.

Baca Juga: Kenali Gejala Sakit Ginjal yang Harus Segera Ke Dokter

Dilansir dari Healthline dan WebMD, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terkena alergi dingin yaitu:

1. Faktor usia

Anak-anak dan remaja paling rentan terkena alergi dingin dan biasanya membaik dengan sendirinya setelah beranjak dewasa. Meski begitu, orang dewasa juga bisa mengalami kondisi ini.

2. Mengidap penyakit tertentu

Ada beberapa gangguan kesehatan atau penyakit, seperti kanker atau hepatitis, yang meningkatkan risiko terkena alergi dingin. Risiko alergi ini juga bisa meningkat karena penyakit yang berkaitan dengan darah dan kulit. 

Pada beberapa kasus, orang yang baru saja terkena infeksi, seperti pneumonia atau radang paru-paru, lebih berisiko mengalami alergi dingin.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Orang yang Rentan Terkena Penyakit Jantung

3. Faktor genetik orangtua

Peluang Anda terkena alergi dingin lebih tinggi bila orangtua atau saudara dekat Anda memiliki kondisi yang sama.

Pasalnya, ada kondisi pada gen tertentu yang disinyalir menjadi penyebab alergi ini. Gen tersebut dapat diwariskan dari orangtua ke anak. 

4. Gangguan autoimun

Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh yang sehat karena keliru menganggapnya sebagai bahaya.

Gangguan ini bisa muncul tanpa sebab atau akibat mutasi genetik, sebagaimana yang ditemukan oleh tim peneliti dari National Institutes of Health pada 2012.

Mutasi pada gen PLCG2 diketahui dapat mengganggu reaksi sel-sel kekebalan tubuh.

Jika Anda mengalami gejala alergi dingin, langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicunya.

Cobalah berkonsultasi dengan dokter guna mendapat pengobatan alergi dingin yang tepat dan mengatur strategi untuk mencegah kambuhnya alergi di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News