HOME, Santai

4 Fakta Menarik Mengenai Menopause yang Penting untuk Diketahui

4 Fakta Menarik Mengenai Menopause yang Penting untuk Diketahui

MOMSMONEY.ID - Menopause merupakan penurunan alami pada hormon reproduksi ketika wanita berada pada usia 40-50 tahunan.

Kondisi menopause ini terjadi ketika seorang wanita tidak mengalami haid selama satu tahun. Hal ini disebabkan karena menurunnya produksi hormon estrogen dan progesterone pada rahim.

Berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk diketahui perempuan mengenai menopause.

Baca Juga: Inilah Hormon yang Dimiliki Perempuan, Kamu Wajib Tahu!

Adanya Perimenopause

Menopause tidak terjadi secara tiba-tiba. Seperti yang diketahui menopause umumnya terjadi di usia 40 hingga 50an. Perimenopause merupakan tahap awal terjadinya menopause. 

Melansir dari laman Medical News Today, perimenopause bisa terjadi pada usia 30 hingga 40 tahun. Ditandai dengan menurunnya level esterogen dan progesterone yang mengakibatkan berubahnya siklus menstruasi dan vagina yang terasa kering.

Kehamilan masih bisa terjadi

Walaupun memiliki kemungkinan yang kecil, kehamilan di masa menopause masih bisa terjadi. Baik dalam masa perimenopause maupun menopause, kehamilan masih bisa terjadi pada wanita.

Namun, yang perlu diketahui adalah resiko kehamilan pada usia menopause akan lebih beresiko. Baik resiko kehamilan yang mengancam kesehatan ibu maupun bayi yang dikandung saat masa menopause.

Baca Juga: Suplemen Herbal Berikut Ini Bisa Bantu Redakan Gejala PMS

Memicu osteoporosis

Siapa yang menyangka bahwa menopause bisa memicu osteoporosis. Melansir dari laman Health Grades, osteoporosis diakibatkan karena berkurangnya produksi hormon esterogen yang membantu mengontrol kesehatan tulang.

Sehingga kondisi menopause dimana hormon tersebut menjadi berkurang membuat resiko osteoporosis lebih rentan terjadi setelah seorang wanita mengalami menopause.

Munculnya hot flashes

Hot flashes atau merasa hangat secara tiba-tiba yang biasa terasa di wajah, leher, dan dada bisa disebabkan oleh menopause. Selain hot flashes, keringat berlebih juga biasanya kerap dialami ketika berada pada fase menopause.

Hot flashes merupakan gejala menopause yang tidak dapat diprediksi berapa lama durasinya. Rata-rata wanita yang mengalami menopause merasakan gejala ini selama 6 bulan hingga 2 tahun. Namun juga bisa lebih dari 10 tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News