ads

4 Dampak Kandungan Comedogenic pada Kulit Wajah

Reporter: Rizka Noveliana
Jumat, 05 Agustus 2022 | 21:25 WIB
4 Dampak Kandungan Comedogenic pada Kulit Wajah


MOMSMONEY.ID - Jika pernah merasa menggunakan produk sunscreen malah menimbulkan komedo dan jerawat, maka kandungan yang ada di dalam produk terebut mengandung comedogenic.

Melansir anessa.id, kandungan comedogenic merupakan kecenderungan pada bahan produk skincare tertentu yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Kandungan comedogenic bisa menyumbat aliran keluar sebum atau minyak pada kulit, yang bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit. 

Masalah kulit tersebut bisa dialami oleh semua jenis kulit, seperti normal, kering, berminyak dan lain-lain. Lebih jelasnya, berikut dampak kandungan comedogenic pada kulit yang harus Anda tahu mengutip anessa.id.

1. Produksi minyak berlebih

Dampak kandungan comedogenic pada kulit pertama adalah produksi minyak berlebih. Sebenarnya kulit akan memproduksi sebum atau minyak secara alami untuk menjaga kelembapan kulit.

Sifat kandungan comedogenic yang menutup pori-pori kulit dapat menyumbat aliran keluar sebum dari permukaan kulit, sehingga kulit akan memproduksi lebih banyak sebum daripada biasanya. Hal ini dapat membuat kulit memiliki sebum berlebih, sehingga kulit wajah tampak mengkilap. 

2. Muncul komedo

Dampak kandungan comedogenic pada kulit selanjutnya, yaitu munculnya komedo. Terjebaknya minyak atau sebum pada kulit bisa merangsang munculnya whitehead atau blackhead pada kulit. Biasanya, komedo akan muncul berupa bintik-bintik kecil dan dapat membuat permukaan kulit terasa lebih kasar.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Rambut Patah dan Bercabang yang Perlu Anda Tahu

3. Muncul jerawat

Setelah muncul komedo, dampak kandungan comedogenic juga merangsang pertumbuhan jerawat pada kulit. Biasanya, jerawat yang muncul akan berupa kemerahan dengan ukuran yang cukup besar, serta terasa sakit jika disentuh. 

4. Kulit terlihat kusam

Dampak kandungan comedogenic pada kulit lainnya adalah kulit terlihat kusam. Kadar minyak yang terlalu tinggi pada kulit wajah juga dapat membuat terlihat lebih kusam.

Solusinya, Anda bisa melakukan eksfoliasi maksimal dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, mengurangi produksi minyak berlebih, serta mengangkat komedo. Namun, hanya lakukan ini jika kulit Anda sedang tidak berjerawat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER