Keluarga

4 Carrier Oil untuk Membantu Memudarkan Bekas Luka, Salah Satunya Rosehip Oil

4 Carrier Oil untuk Membantu Memudarkan Bekas Luka, Salah Satunya Rosehip Oil

MOMSMONEY.ID - Coba salah satu carrier oil berikut ini untuk membantu memudarkan bekas luka yang tak kunjung hilang.

Moms, bosan dengan bekas luka pada tubuh atau wajah yang tak kunjung hilang? Jika benar demikian, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba perawatan bekas luka menggunakan carrier oil.

Carrier oil atau minyak pembawa biasanya digunakan untuk mengencerkan essential oil supaya tidak terlalu pekat dan tidak mengiritasi kulit.

Berkat kandungan antioksidan, vitamin, dan asam lemak padat nutrisi yang terkandung di dalamnya, carrier oil mampu bekerja untuk menyembuhkan, memulihkan, dan meregenerasi kulit.

Selain itu, carrier oil juga mengandung beberapa senyawa seperti anti-inflamasi, astringent, regeneratif, dan antimikroba yang bisa menginduksi regenerasi kulit, mempercepat penyembuhan, serta memperbaiki tampilan noda dan bekas luka.

Lalu, carrier oil apa saja yang dapat membantu memudarkan bekas luka? Berikut daftarnya sebagaimana dilansir dari Australian Wholesale Oils:

Baca Juga: 5 Manfaat Jahe untuk Kecantikan, Ini Cara Menggunakan Jahe untuk Kulit dan Rambut

1. Almond oil

Almond Oil

Carrier oil pertama untuk membantu memudarkan bekas luka adalah almond oil. Almond oil mengandung sifat anti-inflamasi serta vitamin A, B, dan E berkonsentrasi tinggi yang telah terbukti mampu menghidrasi, melembabkan, dan menenangkan kulit yang rusak.

Itulah sebabnya, almond oil termasuk pilihan populer untuk membantu memperbaiki corak kulit, meratakan warna kulit, dan mendorong regenerasi sel kulit.

Almond oil diklaim mampu mempromosikan penyembuhan luka dan bekas luka, mengurangi munculnya stretch mark, serta mengurangi iritasi dan gatal. Bahkan, almond oil juga bisa melindungi penghalang kulit dari sinar UV yang berbahaya.

2. Castor oil

Castor Oil

Carrier oil kedua untuk membantu memudarkan bekas luka adalah castor oil. Castor oil terkenal untuk melindungi kulit dari kerusakan lingkungan, melawan infeksi, menenangkan iritasi, dan mengurangi munculnya bekas luka.

Hal itu karena castor oil memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan emolien alami yang menyediakan sumber antioksidan serta asam lemak esensial yang kaya.

Castor oil sangat melembabkan dan telah terbukti mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, menutrisi jaringan penyembuhan, dan membantu membersihkan penumpukan sel kulit mati. Jika Anda ingin kulit yang halus dan bebas bekas luka, castor oil bisa membantu menciptakannya.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kulit Dehidrasi dan Cara Tepat Mengatasinya

3. Rosehip oil

Rosehip oil

Carrier oil ketiga untuk membantu memudarkan bekas luka adalah rosehip oil. Rosehip oil merupakan sumber yang kaya akan vitamin A, C, dan E serta asam lemak. Itu artinya, carrier oil ini memiliki kualitas reparatif dan restoratif.

Selain populer untuk meningkatkan produksi kolagen yang menghasilkan jaringan kulit baru, rosehip oil juga terkenal mampu membantu penyembuhan bekas luka dan jerawat. Ini berkat kandungan senyawa alami dalam rosehip oil yang telah terbukti mendorong penyembuhan luka sekaligus menghidrasi kulit.

Dalam rosehip oil, ada komponen anti-inflamasi dan antibakteri yang berguna untuk membantu melindungi pelindung kulit dari infeksi. Kedua komponen ini juga dapat bekerja untuk meminimalkan munculnya bekas luka.

4. Avocado oil

Avocado Oil

Carrier oil terakhir untuk membantu memudarkan bekas luka adalah avocado oil. Avocado oil merupakan salah satu obat yang sempurna untuk perawatan bekas luka.

Avocado oil mengandung sifat anti-inflamasi, pelembab, dan penyembuhan yang dapat membantu meredakan peradangan, meningkatkan produksi kolagen, serta mengencangkan kulit.

Sifat-sifat ini menjadikan avocado oil sebagai obat yang efektif untuk mengurangi munculnya jaringan parut. Kualitas pelembab dalam avocado oil bahkan bisa membantu melembutkan jaringan parut sekaligus membuatnya lebih menyatu dengan kulit sehingga tampilan bekas luka dapat berkurang.

Kandungan vitamin E dalam avocado oil bermanfaat untuk mendorong regenerasi sel kulit guna mempercepat penyembuhan luka.

Itulah 4 carrier oil untuk membantu memudarkan bekas luka. Anda bisa mengencerkan salah satu carrier oil di atas dengan essential oil favorit Anda untuk membantu memudarkan bekas luka yang tak kunjung hilang.

Adapun pengenceran yang direkomendasikan adalah 2%-4% untuk diaplikasikan ke kulit tubuh dan 1%-2% untuk diaplikasikan ke wajah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News