Bugar

4 Cara Tepat Menghilangkan Kulit Wajah Bertekstur

4 Cara Tepat Menghilangkan Kulit Wajah Bertekstur

MOMSMONEY.ID - Kulit terasa kasar dan kering? Mungkin Anda sedang mengalami kulit bertekstur. 

Penyebab munculnya kulit bertekstur adalah penumpukan sel-sel kulit mati, paparan sinar matahari dan kulit yang mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, Anda memerlukan rangkaian produk skincare yang tepat agar masalah kulit bertekstur bisa diatasi. Nah, berikut cara tepat menghilangkan kulit bertekstur, dilansir dari blog.avoskinbeauty.com

1. Eksfoliasi kulit

Cara pertama menghilangkan kulit bertekstur adalah melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit bertekstur.

Penggunaan eksfoliasi sebaiknya dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu. Eksfoliasi ada dua jenis, yaitu scrub atau skincare berbahan AHA BHA. Eksfoliasi memakai scrub atau skincare berbahan AHA BHA berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. 

2. Double cleansing

Selanjutnya, Anda juga harus melakukan double cleansing secara rutin dua kali sehari di pagi dan malam hari. Hal ini dapat membantu membersihkan kulit dan terhindar dari kulit bertekstur. 

Pertama, bersihkan wajah menggunakan micellar water. Lanjutkan dengan face wash. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

Baca Juga: Promo Traveloka ke Balikpapan, Diskon Tiket Pesawat hingga Rp 150.000 Pakai Kode Ini

3. Gunakan skincare dengan bahan aktif

Gunakan produk skincare dengan bahan aktif yang dapat mengatasi kulit bertekstur, seperti retinol, vitamin C, AHA BHA, dan lainnya yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih halus dan merata.

Kandungan antioksidan juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit yang tidak merata. 

4. Gunakan pelembab dan sunscreen

Cara mengatasi kulit bertekstur dengan tepat lainnya adalah menggunakan pelembab dan sunscreen. Penyebab kulit bertekstur salah satunya karena kulit mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, seperti kekurangan minyak alami kulit dan kolagen.

Sehingga, Anda perlu menghidrasi kulit agar tetap terjaga kelembapannya sehingga tidak menimbulkan tekstur kasar pada kulit. Pilihlah pelembap dengan kandungan hyaluronic acid untuk melembapkan kulit. 

Kandungan hyaluronic acid berfungsi untuk menjaga kadar air pada kulit, mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang kering atau bertekstur. Selain itu, bisa menggunakan kandungan lidah buaya untuk menghidrasi kulit dan membuat pH kulit menjadi lebih seimbang.

Kemudian, baik di dalam maupun di luar ruangan Anda tetap perlu memakai sunscreen. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan tekstur kulit tidak merata, serta ukuran pori-pori juga menjadi tidak merata. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari karena efeknya buruk untuk kulit. Penggunaan sunscreen menjadi rutinitas skincare yang wajib dilakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News