CLOSE [X]
ads

4 Cara Sederhana Menghindari Burnout yang Perlu Anda Tahu

Reporter: Ana Risma
Senin, 04 Juli 2022 | 19:13 WIB
4 Cara Sederhana Menghindari Burnout yang Perlu Anda Tahu

ILUSTRASI. 4 Cara Sederhana Menghindari Burnout.


MOMSMONEY.ID - Burnout adalah keadaan kelelahan fisik, emosional, dan mental yang disebabkan oleh keterlibatan jangka panjang dalam situasi yang menuntut secara emosional. Definisi lain dari burnout yaitu suatu keadaan kelelahan atau frustasi yang disebabkan oleh pengabdian pada suatu tujuan, cara hidup, atau hubungan yang gagal memenuhi ekspektasi.

Beberapa tanda paling umum yang menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami burnout sebagaimana dikutip dari Mental Health UK adalah sebagai berikut:

  • Merasa lelah atau terkuras energinya hampir sepanjang waktu
  • Merasa tidak berdaya, terjebak, dan/atau dikalahkan
  • Merasa terpisah atau sendirian di dunia
  • Memiliki pandangan yang sinis atau negatif
  • Meragukan diri sendiri
  • Suka menunda-nunda dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan sesuatu
  • Merasa kewalahan

Saat burnout melanda, tidak sedikit orang yang berfokus pada solusi jangka pendek seperti berlibur. Meskipun berlibur memang dapat membantu mengatasi burnout, namun sering kali efek tersebut bersifat sementara.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bagus untuk Menambah Tinggi Badan Anak Secara Alami

Alih-alih hanya fokus pada solusi jangka pendek semacam itu, alangkah baiknya Anda juga berfokus pada strategi yang dapat berdampak lebih dalam dan mampu menciptakan perubahan yang langgeng. Melansir Mind Tools dan Lifehack, cobalah 4 cara sederhana ini untuk mengatasi atau menghindari burnout dengan lebih efektif.

1. Temukan kembali tujuan Anda dalam bekerja

Sering kali, menemukan kembali tujuan dalam bekerja dapat membantu menghindari burnout sekaligus stres. Jadi, luangkanlah waktu untuk memikirkan secara mendalam tentang bagaimana pekerjaan Anda.

Jika Anda merasa bahwa Anda sedang berada dalam peran atau karir yang salah, cobalah untuk mengembangkan strategi karir guna membantu Anda merencanakan karir yang lebih baik. Atau, lakukan job crafting untuk membantu membentuk peran yang lebih cocok untuk Anda.

2. Lakukan hobi baru

Saat burnout menyerang, lakukanlah hobi yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan Anda sehari-hari. Dengan melakukan hobi yang kontras dengan rutinitas, itu akan memberikan kesempatan yang memuaskan bagi hati dan pikiran Anda untuk beristirahat dari kesibukan harian. Pada gilirannya, melakukan hobi akan meningkatkan produktivitas Anda juga.

Jadi, jangan takut untuk mencoba berbagai hobi baru guna melarikan diri sejenak dari dunia pekerjaan sekaligus menjaga gairah hidup Anda tetap menyala.

3. Olahraga secara teratur

Jika Anda ingin terhindar dari burnout, pastikan untuk berolahraga secara teratur mulai dari sekarang. Studi menunjukkan bahwa olahraga memiliki efek yang menguntungkan bagi kesehatan secara keseluruhan di antaranya mengurangi stres, mengurangi kecemasan dan gejala depresi, meningkatkan kesejahteraan psikologis, serta meningkatkan kualitas tidur.

Ingat-ingat juga untuk mengimbangi olahraga dengan menjaga kualitas tidur Anda. Pasalnya, kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan, fokus, memori, dan suasana hati yang mana hal ini merupakan kunci untuk menghindari burnout.

4. Kelola stres dengan baik

Stres jangka pendek yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan burnout. Itulah sebabnya Anda harus belajar mengelola stres secara efektif.

Untuk mengatasi stres, ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan misalnya membuat buku harian khusus untuk mendokumentasikan secara rutin tentang hal-hal apa saja yang menyebabkan Anda stres. Selain itu, Anda juga bisa berlatih pernapasan dalam, meditasi, dan teknik relaksasi lainnya guna membantu Anda menenangkan diri saat mengalami stres.

Terakhir, cobalah untuk memantau pikiran Anda dan berlatih berpikir positif. Ini dapat mengubah reaksi yang tidak membantu dan mengelola emosi Anda melalui situasi stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER