HOME, Bugar

4 Cara Mudah Merawat Wajah Berminyak, Yuk Praktikkan!

4 Cara Mudah Merawat Wajah Berminyak, Yuk Praktikkan!

MOMSMONEY.ID - Kulit berminyak memberikan kesan wajah yang kusam dan mengkilap. Tentunya, membuat penampilan Anda sehari-hari menjadi terganggu. 

Namun tidak perlu khawatir, masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat wajah berminyak. Berikut cara merawat wajah berminyak seperti dikutip dari herworld.co.id:

1. Membersihkan wajah secara rutin

Wajah yang berminyak bisa dibersihkan dengan air dan sabun. Seperti yang Anda tahu bahwa wajah yang kotor akan mudah untuk mengalami masalah kulit. 

Cucilah muka dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Saat Anda tidur selama delapan jam, sebum akan otomatis keluar. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wajah di pagi hari sebelum beraktivitas.

Begitu juga dengan malam hari. Setelah beraktivitas seharian dan terpapar kotoran dari luar, walaupun terlihat bersih, jangan pernah skip untuk membersihkan wajah dan tidur dalam keadaan wajah yang masih kotor.

2. Melanjutkan dengan memakai pelembab

Semua jenis kulit membutuhkan pelembab, termasuk juga kulit berminyak. Hal ini dikarenakan pelembap berfungsi untuk menghidrasi kulit.

Anda harus memerhatikan pelembap yang dipilih. Pilihlah pelembap yang berbahan dasar air sehingga tidak membuat kilap pada wajah. Sebum yang hilang sehabis cuci muka akan memicu produksi lebih banyak sebum agar kembali ke kondisinya seperti semula.

Harus pintar dalam mencari produk pelembap yang dapat mengontrol produksi minyak tersebut dengan tidak melupakan fungsi utamanya. Pilih juga produk yang terasa ringan dan menyejukkan di kulit.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum Retinol agar Wajah Bebas Kerutan dan Bekas Jerawat, Cobain Yuk!

3. Memakai toner wajah

Tidak perlu seperti mencuci muka, toner bisa Anda gunakan hanya sekali dalam seharinya, di malam hari. Meski fungsi utama toner bukanlah untuk merawat wajah berminyak, toner bisa Anda gunakan sebagai pilihan perawatan wajah berminyak.

Toner juga akan mengangkat kotoran yang sekiranya tidak terangkat oleh sabun muka. Gunakanlah toner yang mengandung alkohol untuk wajah berminyak  untuk membuat kondisi kulit menjadi sedikit lebih kering.

Tapi, Anda bisa juga menggunakan alternatif dengan astringent alami jika tidak ingin menggunakan yang terdapat alkohol. Astringent bisa mengatur produksi sebum di wajah kita, dan asam salisilatnya juga ampuh untuk melawan jerawat.

4. Menggunakan masker

Cara merawat wajah berminyak dengan benar lainnya yaitu menggunakan masker. Pilihlah masker yang sesui untuk jenis kulit berminyak. Salah satu masker yang bisa dipilih adalah sheet mask, tapi sheet mask juga beragam.

Jadi, pastikan Anda membaca kemasannya untuk tahu kandungan apa saja yang cocok untuk wajah berminyak. Sheet mask memang biasanya mengandung essence yang diperlukan untuk menutrisi kulit berminyak. Pastikan wajah telah bersih sebelum Anda menggunakan masker.

Jika nantinya menggunakan sheet mask, setelah selesai jangan lupa untuk memijat wajah juga agar nutrisinya bisa terserap. Anda tidak perlu  membersihkannya lagi dengan sabun setelah memakai sheet mask. Pilihan masker lainnya yang bisa digunakan adalah tanah liat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News