HOME, Bugar

4 Cara Mudah Merawat Rambut Rusak Agar Sehat Kembali, Cobain Yuk!

4 Cara Mudah Merawat Rambut Rusak Agar Sehat Kembali, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Rambut rusak adalah tanda bahwa rambut sedang tidak sehat. Masalah rambut rusak sering kali mengganggu penampilan sehari-hari. Tentunya setiap wanita ingin memiliki rambut sehat dan berkilau.

Rambut rusak membuat rambut menjadi kering, bercabang dan tidak berkilau. Oleh karena itu, Anda perlu merawat rambut rusak dengan tepat agar rambut bisa sehat kembali.

Jangan khawatir! Masih ada beberapa cara mudah untuk merawat rambut rusak. Berikut penjelasannya dilansir dari laman cnfstore.com, yaitu: 

1. Hindari Kandungan Bahan Kimia

Pertama, cara merawat rambut rusak agar sehat kembali yaitu hindari kandungan bahan kimia. Bahan kimia yang dimaksud seperti relaxer, texturizer, dan pewarna rambut adalah salah satu penyebab utama kerusakan rambut.

Saat ini, semakin mudah orang-orang mendapatkan dan membeli sendiri produk rambut yang berbahan kimia. Akan tetapi, jika dilakukan oleh penata rambut profesional memungkinkan rambut tetap bisa terjaga dengan baik. 

2. Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut

Cara merawat rambut rusak selanjutnya adalah batasi penggunaan alat styling rambut. Sering mengeringkan rambut dengan hair dryer? Kini, mulai beri jeda rambut Anda dari panasnya alat styling.

Walaupun Anda telah melakukan produk hair care terbaik, namun paparan berlebihan alat styling rambut yang panas dapat merusak rambut Anda. Mulai dari flat iron, pengeriting rambut, pressing comb, dan sebagainya, berpotensi merusak rambut dan akhirnya memerlukan perawatan besar untuk memulihkannya. 

Sebaiknya, pastikan saat heat-styling, Anda memakai pelindung panas dahulu pada rambut. Pelindung panas berfungsi untuk membantu menghaluskan kutikula rambut untuk rambut bebas keriting serta menciptakan penghalang antara rambut dan alat syling rambut. 

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Ini Untuk Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Asin

3. Kosumsi Makanan Sehat untuk Kesehatan Rambut & Tubuh

Selain merawat rambut dari luar, rambut juga perlu mendapatkan nutrisi dan gizi dari makanan sehat. Mendapatkan rambut yang kuat dan sehat dapat dimulai dari asupan lemak sehat seperti asam lemak omega 3.

Menerapkan pola makan sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga bagi rambut. Beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi secara rutin seperti alpukat, salmon, chia seed dan telur. Makanan tersebut dapat menyehatkan tubuh dan rambut dari dalam. 

4. Melakukan Perawatan Rutin Rambut 

Terakhir, cara merawat rambut rusak yang harus Anda lakukan yaitu melakukan perawatan rutin rambut. Memiliki rambut sehat dan berkilau tentu harus dirawat dengan maksimal. Anda harus menerapkan beberapa jenis rutinitas perawatan rambut dasar hingga tambahan.

Beberapa wanita melihat kata "rutin" dan berpikir ini melibatkan berjam-jam menata, merawat, dan memanjakan rambut. Namun, sebenarnya tidak demikian. 

Adapun rutinitas perawatan rambut yang perlu Anda lakukan seperti keramas dengan shampo, memakai conditioner, serta tambahan lainnya seperti hair oil dan hair mask untuk melembapkan dan merawat rambut rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News