HOME, Keluarga

4 Cara Mudah Merawat Kulit Berminyak, Harus Anda Biasakan!

4 Cara Mudah Merawat Kulit Berminyak, Harus Anda Biasakan!

MOMSMONEY.ID - Kulit berminyak menjadi salah satu permasalahan kulit yang butuh penanganan ekstra selain kulit kering. Selain mengganggu penampilan, kulit berminyak juga rentan dihinggapi jerawat.

Oleh sebab itu, produk skincare dapat dimanfaatkan sebagai solusi untuk mengatasi kulit berminyak.

Dari banyaknya tahapan skincare, ada 4 rutinitas skincare yang wajib dilakukan oleh para pemilik kulit berminyak. Apa sajakah itu? Merangkum dari Healthline, inilah 4 rutinitas skincare tersebut.

Baca Juga: Ketahui Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

1. Bersihkan wajah

Membersihkan wajah merupakan bagian dari perawatan kulit yang paling penting. Ketika kulit Moms cenderung berminyak, Moms bisa mentolerirnya dengan melakukan lebih banyak pembersihan.

Kegiatan membersihkan wajah secara menyeluruh pada pagi hari tidak boleh dilewatkan meskipun Moms merasa bahwa kulit masih terasa bersih.

Disarankan untuk menggunakan sabun wajah dengan sifat exfoliating cleanser yang tepat, baik pada pagi maupun sore atau malam hari. Produk yang mengandung salicylic acid bagus untuk Moms pilih karena akan sangat membantu membersihkan minyak berlebih sekaligus kulit mati serta dapat mencegah penyumbatan pori-pori.

2. Gunakan toner

Setelah kulit dipastikan benar-benar bersih dan terbebas dari sisa makeup, kotoran, maupun minyak, Moms dapat melanjutkan tahapan skincare dengan mengaplikasikan toner.

Adapun jenis toner yang sangat disarankan untuk pemilik kulit berminyak adalah exfoliating toner. Exfoliating toner sendiri berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk serta memperbaiki tekstur kulit.

Moms bisa memilih exfoliating toner yang mengandung salicylic acid, glycolic acid, maupun lactic acid.

3. Perawatan khusus untuk kulit mudah berjerawat

Pada kulit berminyak, pasti ada permasalahan kulit spesifik lainnya seperti jerawat. Apabila kulit Moms rentan terhadap jerawat (acne prone skin), Moms disarankan untuk merawatnya dengan menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau sulfur pada siang hari.  Produk dengan kandungan benzoyl peroxide atau sulfur berguna untuk membantu mengurangi produksi minyak dan mencegah kulit menjadi berjerawat.

Pada malam hari, produk retinol sangat direkomendasikan untuk membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan menjadikan kulit bercahaya.

4. Aplikasikan moisturizer

Meskipun kulit Moms berminyak, menggunakan moisturizer atau pelembab tetap tidak boleh dilewatkan. Karena, pada dasarnya semua jenis kulit membutuhkan pelembab.

Nah, supaya tidak salah, Moms harus lebih berhati-hati dalam menentukan jenis pelembab yang akan digunakan. Kriteria pelembab yang cocok untuk kulit berminyak adalah pelembab yang memiliki formula lightweight (ringan), bebas minyak, serta water based. Jika kulit Moms termasuk acne prone skin, pastikan pelembab yang digunakan harus memenuhi ketiga kriteria tersebut.

Demikian informasi tentang rutinitas skincare yang wajib diterapkan oleh para pemilik kulit berminyak. Selain keempat tips tersebut, Moms juga harus memilih setiap produk skincare dengan tepat, memakai sunscreen, dan mencuci muka setelah berolahraga agar minyak wajah berkurang dan kebersihan serta kesehatan kulit tetap terjaga.

Selanjutnya: Ini 5 Kebiasaan Makeup yang Bisa Menyebabkan dan Memperparah Jerawat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News