HOME, Keluarga

4 Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami. Selamat Tinggal Kaki Bau!

4 Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami. Selamat Tinggal Kaki Bau!

MOMSMONEY.ID - Sekitar 16% orang dewasa telah melaporkan permasalahan bau kaki yang mereka alami. Memiliki istilah medis yaitu bromodosis, bau kaki bukanlah suatu kondisi yang serius namun bisa sangat mengganggu dan membuat orang yang mengalaminya merasa tidak percaya diri.

Ada dua faktor utama penyebab bau kaki yakni keringat dan bakteri. Ketika keringat dan bakteri pada kaki menumpuk, bau tak sedap pun akan berkembang. Di antara banyaknya jenis bakteri yang ada, brevibacterium, propionibacteria, dan staphylococcus epidermidis merupakan tiga jenis bakteri paling umum yang bertanggung jawab atas munculnya bau kaki.

Adapun kemungkinan munculnya bau kaki akan meningkat jika Anda adalah seorang remaja, sedang hamil, kerap berdiri sepanjang hari, mengalami stres, memiliki kondisi medis yang membuat Anda lebih banyak berkeringat, atau tidak dapat menjaga kebersihan kaki dengan baik.

Baca Juga: 6 Manfaat Zinc untuk Kesehatan Kulit, Dapat Melawan Tanda-Tanda Penuaan!

Sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter, Anda bisa mencoba 4 cara sederhana yang dilansir dari StyleCraze ini untuk membantu Anda menghilangkan bau kaki secara alami di rumah saja. Catat baik-baik ya, Moms!

1. Rendam kaki dengan garam epsom

Garam epsom atau magnesium sulfat dikenal dengan sifatnya yang mengeringkan. Anda dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan kelembaban berlebih pada kaki Anda. Dikarenakan bakteri cenderung tumbuh subur di tempat yang lembab dan hangat seperti alas kaki, maka mengurangi kelembaban berlebih yang ada di dalamnya merupakan cara terbaik untuk mencegah kaki menjadi bau.

Tambahkan secangkir garam epsom ke dalam mangkuk besar berisi air hangat. Aduk-aduk hingga garam larut kemudian rendam kaki Anda ke dalam campuran tersebut selama sekitar 20 menit. Lakukan perawatan ini setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

Pastikan untuk tidak menggunakan garam epsom secara berlebihan terutama jika ada retakan atau luka terbuka pada kulit Anda ya Moms.

2. Manfaatkan cuka apel

Kandungan asam asetat dalam cuka apel dapat membantu mengurangi bau tidak sedap pada kaki. Dalam cuka apel, ada juga sifat anti-mikroba yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari bakteri.

Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2 lalu masukkan campuran tersebut ke dalam bak atau semangkuk air hangat. Kemudian, masukkan dan rendam kaki Anda ke dalam campuran air dan cuka apel selama 20 menit. Untuk hasil terbaik, lakukanlah perawatan ini seminggu sekali.

Sama halnya dengan garam epsom, Anda juga patut menghindari perawatan dengan cuka apel apabila kaki Anda memiliki luka terbuka atau retakan.

3. Gunakan teh untuk merendam kaki

Teh mengandung asam tanat atau tannic acid yang dapat membunuh bakteri, mengencangkan pori-pori kulit, dan mengurangi keringat. Dengan demikian, teh juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk membantu menghilangkan bau kaki yang mengganggu.

Seduh 3-4 kantong teh celup ke dalam air mendidih selama 5-10 menit. Setelah itu, keluarkan kantong teh dan campurkan cairan teh yang sudah diseduh tersebut dengan 2 cangkir air dingin. Terakhir, rendam kaki Anda selama 30 menit ke dalam larutan teh dan lakukanlah perawatan ini setiap hari selama seminggu.

4. Campurkan baking soda dengan air

Ketidakseimbangan tingkat ph pada kaki dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Sebagai solusinya, Anda bisa mencampurkan baking soda atau soda kue dengan air guna mengembalikan keseimbangan ph kaki.

Tambahkan 1 sendok makan baking soda ke dalam 2 liter air dan rendam kaki Anda ke dalamnya. Rendam kaki Anda selama 15 menit dan ulangi perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Dijamin, bau kaki yang menusuk indra penciuman pun akan terhempas dan enggan kembali lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News