Keluarga

4 Cara Mudah Mengatasi Depresi, Biasakan Mulai Sekarang

4 Cara Mudah Mengatasi Depresi, Biasakan Mulai Sekarang

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 cara mudah mengatasi depresi, yuk!

Depresi, dikutip dari Halodoc merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus-menerus merasa sedih dan tertekan serta kehilangan minat dalam beraktivitas.

Akibatnya, kualitas hidup dari seseorang yang mengalami depresi cenderung menurun.

Selain terapi, minum obat, dan menghadapi diri sendiri secara mendalam, mengatasi depresi juga bisa dilakukan dengan cara yang terbilang mudah lho.

Tidak boleh dilewatkan, inilah 4 cara mudah mengatasi depresi, dilansir dari Psychology Today:

Baca Juga: 6 Kesalahan Mendisiplinkan Anak yang Paling Sering Terjadi, Perbaiki Sekarang!

1. Makan teratur

Ilustrasi diet makanan sehat

Cara mudah mengatasi depresi yang pertama yaitu makan teratur. Depresi bisa menyebabkan nafsu makan terganggu. Anda mungkin tidak bisa makan sama sekali atau tidak bisa berhenti makan dalam jumlah besar saat Anda mengalami depresi.

Meskipun begitu, memutuskan untuk tidak makan atau makan secara tidak teratur justru akan membuat Anda merasa lebih buruk, lemah, mudah tersinggung, dan lelah.

Kebanyakan ahli berpendapat bahwa setiap individu perlu makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap makan teratur saat depresi melanda.

Jika terlalu sulit untuk dilakukan, mintalah bantuan keluarga atau teman untuk mengambilkan Anda makanan saat jam makan tiba.

2. Tidur tepat waktu

Tidur Nyenyak

Cara mudah mengatasi depresi yang kedua yaitu tidur tepat waktu. Tidur merupakan tombol reset alami tubuh. Secara fisik, kita membutuhkan tidur supaya tetap sehat dan bugar.

Saat depresi melanda, pola tidur dapat terganggu dan menyebabkan insomnia atau rasa kantuk yang berlebihan. Akibatnya, ritme alami tubuh akan terkikis dan membuat Anda merasa lebih buruk.

Alih-alih begadang semalaman atau tidur sepanjang hari, sangat disarankan bagi Anda untuk tidur sebelum tengah malam. Hal ini akan membantu Anda untuk tidur sesuai anjuran kesehatan yakni 7-8 jam.

Apabila Anda kerap mengantuk di siang hari, cobalah untuk membatasi waktu tidur siang dan tahan rasa kantuk Anda hingga waktu tidur malam tiba.

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Ini Sederet Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

3. Minum cukup air

Minum teh

Cara mudah mengatasi depresi yang ketiga yaitu minum cukup air. Air tentu tidak akan memperbaiki depresi Anda secara keseluruhan.

Kendati demikian, bukan berarti Anda harus malas minum air karena itu bisa menyebabkan dehidrasi kronis sekaligus membuat Anda merasa lebih buruk.

Apabila Anda tidak ingin memperparah kondisi depresi Anda dengan kelelahan, pusing, atau sakit kepala, maka minumlah air dengan cukup setiap hari.

Sediakan botol air yang praktis untuk Anda minum pada pagi, siang, dan sore hari. Jika air putih terasa membosankan, Anda bisa menambahkan perasa atau teh herbal ke dalamnya agar tubuh tetap terhidrasi.

4. Mandi

mandi air hangat

Cara mudah mengatasi depresi yang keempat yaitu mandi. Mungkin, Anda sudah berhari-hari atau berminggu-minggu tidak bisa mandi karena sudah sangat lelah dengan keadaan sampai-sampai lupa untuk mandi.

Jika benar demikian, berusahalah sekuat tenaga untuk bergegas mandi sekarang juga.

Tatkala mandi, Anda dapat sepenuhnya mengabdikan diri untuk berinteraksi dengan tubuh Anda secara intens dan memvalidasi bahwa tubuh Anda layak untuk dirawat.

Ketahuilah bahwa suhu air saat Anda mandi bisa menenangkan otot yang sakit dan aroma sabun yang harum dapat menenangkan saraf Anda yang tegang. Yang paling penting, mandi akan membersihkan tubuh Anda sekaligus membuat Anda merasa lebih baik.

Itulah 4 cara mudah mengatasi depresi yang patut Anda biasakan. Selain menerapkan cara-cara di atas, selalu ingat juga untuk tidak menghakimi diri Anda sendiri kala depresi menyerang, ya, Moms. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News