Keluarga

4 Cara Mewujudkan Dapur Bernuansa Minimalis, Ternyata Mudah!

4 Cara Mewujudkan Dapur Bernuansa Minimalis, Ternyata Mudah!

MOMSMONEY.ID - Hingga saat ini, dapur bergaya minimalis masih banyak diminati para pecinta dekorasi dan desain rumah.

Gaya dapur minimalis banyak disukai karena konsepnya yang mengedepankan kesederhanaan dan fungsionalitas, sehingga Anda hanya perlu menata dan mengatur dapur seperlunya saja.

Gaya minimalis juga menuntut Anda untuk menjaga kerapian dapur, sehingga membuat Anda lebih rajin merapikan dapur dan sekitarnya secara berkala. Dengan demikian, kesan dapur minimalis yang rapi dan elegan pun dapat tercipta.

Nah, untuk menata dapur minimalis, apa saja yang bisa Anda lakukan? Perlukah melakukan hal-hal tertentu?

Dirangkum dari Lickhome.com dan Houzz, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menata dapur minimalis.

Baca Juga: Mau Hemat Air di Rumah? Stop Lakukan Kebiasaan yang Bisa Bikin Air Boros Berikut Ini!

Gunakan warna netral

Salah satu kunci utama desain minimalis adalah penggunaan warna yang bersifat netral. Anda dapat menggunakan warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, atau coklat di dapur minimalis. Gunakan satu warna atau kombinasikan beberapa warna netral untuk menciptakan kesan minimalis yang klasik.

Jika menurut Anda warna-warna tersebut membosankan, coba kombinasikan dengan sedikit warna pastel yang lembut atau warna tua yang terkesan bold. Pastikan kombinasi warnanya tetap nyaman di mata.

Pilih permukaan dan furnitur dapur yang ramping

Gaya minimalis identik dengan apapun yang bersifat sleek atau ramping. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memasang countertop dan furnitur dengan desain yang ramping dan tegas.

Pemilihan permukaan dan furnitur yang ramping dapat memberi kesan dapur yang lebih lega dan lapang karena tidak dipenuhi furnitur-furnitur besar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warna Eksterior Rumah yang Menenangkan

Gunakan rak gantung yang terbuka

Selain menggunakan furnitur yang ramping, Anda dapat menggunakan rak gantung dengan model terbuka untuk menciptakan kesan terbuka dan lapang di dapur minimalis. Gunakan rak gantung ini untuk meletakkan bumbu dapur atau barang dapur lainnya.

Jenis rak gantung yang terbuka cukup nyaman untuk digunakan karena Anda tidak perlu membuka-tutup rak untuk menjangkau barang-barang tertentu. Pastikan Anda menata isi rak dengan rapi supaya tidak berantakan, ya.

Hindari barang-barang yang berserakan

Ruangan yang rapi merupakan kunci dari gaya minimalis. Karena itu, untuk mendapatkan dapur bergaya minimalis, jaga agar dapur tetap rapi dan bersih.

Sebagai langkah awal, Anda dapat menyingkirkan barang-barang yang berserakan di dapur dan menyimpannya di tempat tertutup. Usahakan untuk menyimpan kembali barang yang sudah selesai digunakan.

Bila ada benda yang sudah tidak terpakai, segera singkirkan. Jangan meletakkan banyak barang di atas meja dapur karena akan memberi kesan dapur yang sesak dan berantakan.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menata dapur minimalis. Jika dapur Anda terlihat rapi dan bersih, maka kesan minimalis pun akan tercipta. Kegiatan memasak juga akan jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Bagaimana, siap menata dapur minimalis Anda sendiri? Selamat mempraktekkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News