Bugar

4 Cara Merawat Kulit Berminyak dengan Benar, Terhindar Jerawat!

4 Cara Merawat Kulit Berminyak dengan Benar, Terhindar Jerawat!

MOMSMONEY.ID - Jenis kulit memiliki perawatan yang berbeda, seperti cara merawat kulit berminyak dengan benar. Kulit berminyak paling rentan dengan masalah jerawat dan komedo karena terdapat penyumbatan sebum di pori-pori wajah. Selain itu, kulit wajah jadi mengkilap. 

Supaya kulit berminyak tetap sehat dan bersih, berikut empat cara merawat kulit berminyak dengan benar dilansir dari natur-e.co.id, yaitu: 

1. Rutin Membersihkan Wajah

Pertama, Anda harus rutin membersihkan wajah. Kulit berminyak dikaitkan dengan produksi sebum di kulit. Sebenarnya penting untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap terhidrasi, namun kadar yang berlebihan dapat memicu kulit tampak mengkilap, pori-pori tersumbat, hingga berjerawat.

Salah satu cara untuk mengendalikan kadar minyak di kulit adalah dengan rutini mencuci wajah dengan pembersih yang berformula lembut.

Hindari menggosok kulit untuk menghilangkan make up dan kotoran, karena justru dapat mengiritasi dan malah memicu peningkatan produksi minyak.

2. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Cara merawat kulit berminyak selanjutnya adalah hindari menyentuh wajah. Menyentuh wajah seperti bertopang dagu, menyentuh dahi, hingga menggosok T-zone.

Padahal, kebiasaan ini dapat menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri dari tangan ke wajah. American Academy of Dermatology Association mengingatkan untuk mencuci tangan dan hanya menyentuh wajah saat membersihkan, melembapkan, atau mengoleskan produk skincare.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Ibu Hamil

3. Gunakan Produk Skincare dan Make up Bebas Minyak

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan produk skincare dan make up yang bebas minyak. Produk tertentu khususnya yang berbahan dasar minyak, justru dapat membuat kulit makin berminyak dan menyumbat pori-pori.

Selalu pilih produk kecantikan yang berlabel oil free atau noncomedogenic, agar terhindar dari kulit yang tampak berminyak dan memicu jerawat. Anda bisa juga mempertimbangkan skincare atau make up berbahan dasar air yang formulanya ringan di kulit.

4. Rutin Pakai Pelembab dan Sunscreen

Cara merawat kulit berminyak lainnya adalah rutin memakai pelembab dan sunscreen. Pada kulit berminyak, penggunaan pelembap wajah tetap wajib dilakukan setiap pagi dan malam hari. Menjaga kulit tetap lembap, pilih produk yang cocok untuk kulit berminyak. 

Selain itu, Anda juga harus mengaplikasikan tabir surya setiap selesai mandi pagi. Mampu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, disarankan untuk mencari pelembap yang mengandung tabir surya sehingga praktis digunakan.

Itulah cara merawat kulit berminyak dengan benar. Lakukan secara rutin supaya kulit terhindar dari masalah jerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News