HOME, Bugar

4 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Berpuasa

4 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan gigi saat berpuasa termasuk hal yang perlu Anda perhatikan dan wajib dilakukan.

Cara yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah sikat gigi dua kali sehari, gunakan benang gigi, serta konsumsi buah dan sayuran.

Rongga mulut orang yang berpuasa cenderung kering karena tidak ada makanan ataupun minuman yang dikonsumsi seharian penuh.

Aktivitas air liur juga cenderung berkurang dan membuat bakteri anaerob penghasil belerang (sulfur) berkembang biak di dalam mulut.

Dampaknya, netralisasi senyawa sulfur di dalam mulut menjadi tidak maksimal dan menyebabkan bau mulut da juga mengganggu kesehatan gigi.

Baca Juga: Kolesterol Rawan Kambuh Saat Berpuasa, Kenali Tandanya

Dilansir dari Mouth Health, berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan gigi saat berpuasa yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Cara menjaga kesehatan gigi saat berpuasa yang pertama adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur. 

Buah dan sayur adalah pembersih gigi alami yang bisa membantu membersihkan plak. Buah dan sayur juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga kesehatan gigi.

Oleh karena itu, selama berpuasa, Anda dianjurkan untuk menambahkan buah dan sayuran ke dalam menu sahur dan berbuka puasa.

2. Sikat gigi setelah sahur dan berbuka

Cara menjaga kesehatan gigi saat berpuasa yang kedua adalah sikat gigi setelah sahur dan berbuka.  Baik saat puasa atau tidak, Anda  tetap dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari.

Ini merupakan aturan standar dan wajib untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Saat puasa, Anda  bisa menyikat gigi saat setelah menyantap hidangan sahur dan sebelum tidur.

Pastikan Anda  menyikat semua bagian gigi, terutama pada permukaan bagian dalam, permukaan luar, dan permukaan gigi yang mengunyah.

3. Beri jeda waktu sebelum berkumur

Cara menjaga kesehatan gigi saat berpuasa yang ketiga adalah setelah menggosok gigi usahakan memberi jeda waktu sebelum berkumur. 

Pada dasarnya, berkumur dapat dilakukan untuk membersihkan dan mengurangi efek zat fluoride pada sisa pasta gigi. Anda  bisa berkumur dengan air atau menggunakan obat kumur khusus.

Sehingga saat Anda  berkumur langsung setelah menyikat gigi, penggunaan pasta gigi menjadi tidak maksimal. Sebaiknya Anda  memberi jeda waktu setidaknya 5-10 menit sebelum berkumur.

Baca Juga: Kolesterol Rawan Kambuh Saat Berpuasa, Kenali Tandanya

4. Hindari atau batasi semua jenis makanan manis

Cara menjaga kesehatan gigi saat berpuasa yang terakhir adalah menghindari atau membatasi semua jenis makanan manis. 

Makanan apa pun yang mengandung pati atau gula dapat menyebabkan kerusakan gigi dan melarutkan email gigi.

Untuk itu ada baiknya Anda  menghindari mengonsumsi semua jenis makanan manis berlemak supaya menjaga kesehatan gigi selama bulan puasa. 

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan gigi saat berpuasa yang perlu Anda ketahui dan coba lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News