Keluarga

4 Cara Mengurangi Rasa Lapar di Malam Hari, Nomor 2 Sering Terlewatkan!

4 Cara Mengurangi Rasa Lapar di Malam Hari, Nomor 2 Sering Terlewatkan!

MOMSMONEY.ID - Berikut MomsMoney bagikan 4 cara mengurangi rasa lapar di malam hari yang bisa Anda coba.

Moms, apakah Anda sering merasa lapar tengah malam? Alih-alih selalu memuaskan rasa lapar Anda pada malam hari, alangkah baiknya Anda menerapkan cara-cara yang memang terbukti lebih sehat dan efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dilansir dari laman Eat This, Not That!, inilah beberapa cara mengurangi rasa lapar di malam hari sebagaimana disarankan oleh para ahli diet.

Baca Juga: Selain Minum Air Putih, Ini 5 Cara Membuat Wajah Glowing Tanpa Skincare

1. Konsumsi sarapan yang tepat

Cara mengurangi rasa lapar di malam hari yang pertama yaitu mengonsumsi sarapan yang tepat. Salah satu kunci untuk mengurangi rasa lapar di malam hari adalah dengan sarapan penuh protein dan lemak sehat.

Karbohidrat dengan jumlah serat yang baik seperti roti gandum utuh atau oatmeal juga sangat disarankan untuk memulai hari.

Dengan mengonsumsi sarapan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut, Anda akan merasa kenyang dan puas untuk waktu yang lebih lama. Rasa lapar yang kerap datang di malam hari juga bisa berkurang.

2. Tidur yang cukup

Cara mengurangi rasa lapar di malam hari yang kedua yaitu tidur yang cukup. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nature Communications, telah dibuktikan bahwa kurang tidur dapat secara signifikan menurunkan aktivitas di daerah evaluasi nafsu makan dalam korteks frontal dan korteks insula.

Ketika Anda kurang tidur, otak Anda bisa terpengaruh dan memicu keinginan untuk makan lebih banyak termasuk di malam hari.

Oleh sebab itu, tidurlah selama 7-9 jam setiap malam sebagaimana disarankan oleh Centers for Disease Control and Prevention.

Baca Juga: Yuk Cek 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Dalam dengan Bahan Alami

3. Makan malam dengan nutrisi lengkap

Cara mengurangi rasa lapar di malam hari yang ketiga yaitu makan malam dengan nutrisi lengkap.

Makan malam dengan protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks akan membuat perut kenyang selama berjam-jam setelahnya. Kemungkinan besar, hal ini juga akan meredam keinginan untuk ngemil larut malam.

Seorang ahli diet bernama Rachel Paul, PhD, RD, memiliki formula untuk makan malam dengan nutrisi lengkap. Isilah piring makan Anda dengan 2 cangkir atau 4-5 ons sayuran, protein sekitar 150 kalori, dan 100-200 kalori lemak. Selain mudah diikuti, formula ini juga efektif untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Evaluasi rasa lapar Anda

Cara mengurangi rasa lapar di malam hari yang keempat yaitu mengevaluasi rasa lapar Anda.

Sebelum menikmati camilan larut malam, coba luangkan waktu untuk mengevaluasi rasa lapar Anda. Dikenal sebagai Intuitive Eating, latihan ini dapat membantu Anda menentukan pola dan keinginan makan khusus pada tubuh Anda. Latihan ini juga akan menjawab apakah Anda makan karena benar-benar lapar, bosan, atau hal lainnya.

Secara keseluruhan, Intuitive Eating mampu membantu menentukan kapan Anda merasa lapar di siang hari. Sehingga, Anda bisa memuaskan tubuh Anda selama waktu tersebut alih-alih membiarkan keinginan makan menguasai Anda pada malam harinya.

Demikian 4 cara mengurangi rasa lapar di malam hari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dicoba ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News