HOME, Bugar

4 Cara Menghilangkan Komedo Putih, Cobain Yuk!

4 Cara Menghilangkan Komedo Putih, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Komedo terjadi akibat folikel rambut yang tersumbat oleh sel kulit mati yang ada pada kulit. Komedo memiliki dua jenis yaitu komedo hitam dan komedo putih.

Melansir dari herworld.co.id, perbedaan antara komedo hitam dan komedo putih yaitu pada komedo hitam adalah pori-pori yang tersumbat yang tetap terbuka dan terkena udara, sedangkan komedo putih adalah pori-pori yang tersumbat dan ada kulit tertutup di atasnya. 

Kali ini akan membahas cara menghilangkan komedo putih yang bisa Anda lakukan di rumah. Masih bersumber dari herworld.co.id, berikut cara menghilangkannya, yaitu: 

1. Membersihkan wajah

Cara menghilangkan komedo putih pertama adalah selalu membersihkan wajah. Untuk menjaga kesehatan kulit, membersihkan wajah secara rutin merupakan salah satu acara yang harus dilakukan untuk mencegah setiap masalah pada kulit. Membersihkan wajah dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan sebelum tidur. 

Saat membersihkan wajah juga harus menggunakan sabun sesuai jenis kulit Anda. Karena setiap kulit wajah membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Saat sedang mempunyai komedo putih, disarankan juga untuk membilas wajah dengan air hangat saat membersihkannya.

2. Lakukan chemical peeling

Cara menghilangkan komedo putih selanjutnya yaitu lakukan chemical peeling. Chemical peeling pada dasarnya adalah treatment yang digunakan untuk meningkatkan dan menghaluskan tekstur kulit. Sesuai namanya peeling, treatment ini akan mengelupaskan lapisan kulit terluar. Namun, perlu diperhatikan potensi efek yang bisa saja terjadi setelahnya, seperti adanya perubahan warna kulit ataupun infeksi.

Baca Juga: Inilah Manfaat Mentega untuk Kecantikan Bibir, Sudah Tahu?

3. Menggunakan uap hangat

Selanjutnya, menghilangkan komedo putih juga bisa menggunakan uap hangat. Saat Anda memaparkan atau menggunakan air hangat, pori-pori akan terbuka. Pori-pori komedo putih yang tersumbat juga akan terbuka jika melakukan cara ini.

Anda hanya perlu merebus air. Lalu tuangkan air tersebut ke wadah apa pun yang bisa digunakan. Selagi air panas tersebut mengeluarkan uap, arahkan bagian wajah atau kulit yang terdapat komedo putih agar dapat terpapar hangatnya uap air tersebut.

4. Masker berbahan madu dan putih telur 

Cara menghilangkan komedo putih selanjutnya dengan memakai masker berbahan madu dan putih telur. Madu sudah lama dipercaya sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit. Madu dipercaya mampu menghilangkan komedo putih. Madu memiliki kandungan antibakteri, antiseptik, dan juga antioksidan yang baik untuk kulit.Selain itu, madu juga dapat mengecilkan pori-pori dan melembutkan lapisan kulit.

Selain madu, bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo putih adalah putih telur. Anda hanya perlu mengocok putih telur tersebut hingga berbusa, lalu setelahnya kita aplikasikan putih telur tersebut ke kulit tempat komedo putih tersebut. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News