4 Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Reporter: Rizka Noveliana
Rabu, 25 Januari 2023 | 16:20 WIB
4 Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami


MOMSMONEY.ID - Bisa jadi alternatif, inilah beberapa cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami. Ketombe cukup mengganggu aktivitas sehari-hari karena memunculkan rasa gatal dan aroma tidak enak, bahkan bisa jatuh ke baju Anda. 

Selain dibantu dengan pemakaian produk perawatan rambut lain, Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Bahan alami ini juga bisa menutrisi dan merawat rambut hingga ke akarnya.

Melansir sunsilk.co.id dan tresemme.com, berikut cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami: 

1. Minyak kelapa

Bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe salah satunya minyak kelapa. Bahan alami ini berfungsi untuk menghidrasi kulit kepala yang kering sebagai salah satu penyebab munculnya ketombe.

Kemudian, minyak kelapa juga mengandung zat anti mikroba yang dipercaya mampu membantu melawan jamur dan bakteri penyebab ketombe. Cara memakainya cukup mudah, yaitu : 

  • Oleskan dua sendok makan minyak kelapa di kulit kepala hingga merata.
  • Berikan pijatan ringan menggunakan ujung jari, mulai dari tepi pinggir rambut, ke bagian tengah, dan bagian belakang rambut.
  • Diamkan selama satu jam, kemudian bersihkan rambut menggunakan sampo dan membilasnya menggunakan air bersih. Pastikan kulit kepala sudah bersih dan tidak ada sisa minyak kelapa yang menempel di kulit kepala dan helaian rambut Anda. 

2. Minyak kemiri

Cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami berikutnya yaitu minyak kemiri. Selain efektif mendukung pertumbuhan rambut, minyak kemiri ternyata juga dapat membantu menghilangkan ketombe.

Tiga puluh menit sebelum keramas, oleskan minyak kemiri secara merata pada rambut. Berikutnya, sisa-sisa minyak kemiri tinggal dibersihkan dengan sampo dan air mengalir ketika keramas.

Baca Juga: Inilah 5 Kandungan Skincare yang Bagus untuk Kulit Berminyak

3. Jeruk nipis

Bahan alami selanjutnya yang bisa menghilangkan ketombe yaitu jeruk nipis. Sifat asam dan kandungan antioksidan di dalam jeruk nipis dikenal mampu menghambat perkembangan salah satu jenis jamur penyebab ketombe, seperti Malassezia Furfur. Cara menggunakannya ke rambut tidak sulit ko, seperti: 

  • Oleskan perasan jeruk nipis ke permukaan kulit kepala, kemudian diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipisnya meresap sempurna hingga ke dalam kulit kepala dan folikel rambut. 
  • Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo untuk atasi ketombe.
  • Lakukan cara ini secara rutin setidaknya hingga keluhan ketombe berkurang bahkan menghilang. 
  • Anda juga bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dengan cuka apel, minyak zaitun, atau garam dan aplikasikan pada kulit kepala secara merata sebelum membilasnya menggunakan air bersih dan melanjutkannya dengan keramas menggunakan sampo ketombe pilihan.

4. Lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami dapat pula menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan baik kulit dan rambut. Lidah buaya dapat membantu membunuh jamur dan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab ketombe.

Ambillah satu batang lidah buaya berukuran besar kemudian keluarkan dagingnya yang berbentuk gel. Oleskan daging lidah buaya secara merata pada kulit kepala lalu diamkan selama 15 menit sebelum kamu membilasnya hingga bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami.

Selanjutnya: Produk Daur Ulang Diminati, Inocycle Technology Incar Pertumbuhan Penjualan Dua Digit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER