HOME, Bugar

4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Daerah Jidat Secara Alami, Cobain Yuk!

4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Daerah Jidat Secara Alami, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Bruntusan di wajah cukup sering terjadi pada area di jidat. Hal ini terjadinya karena penyumbatan pori-pori akibat penumpukan minyak berlebih, kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga mengakibatkan bakteri berkumpul. Sehingga saat terjadi peradangan, bruntusan di jidat bisa terjadi.

Namun, tidak menutup kemungkinan di area lain seperti pipi dan punggung juga bisa terjadi bruntusan ya. Oleh karena itu, Anda perlu menghilangkan bruntusan dengan segera.

Memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bruntusan di wajah pun tentunya bisa. Melansir dari realfood.co.id, inilah empat cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami, yaitu: 

1. Lemon

Jeruk lemon

Cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami pertama dengan bahan lemon. Seperti yang Anda tahu bahwa lemon kaya akan vitamin C. Kandungan yang dimiliki lemon dapat menghilangkan masalah bruntusan dan mencerahkan kulit wajah.

Namun, bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan bahan lemon karena kandungan asamnya yang cukup tinggi. Jika Anda tertarik mencoba menggunakan lemon untuk mengatasi bruntusan, caranya yaitu campurkan perasan air lemon dengan putih telur.

Aplikasikan campuran tersebut di jidat dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah mengering, bilaslah hingga bersih menggunakan air hangat.

2. Es Batu

Es batu

Cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami selanjutnya yaitu dengan es batu. Bruntusan juga bisa menimbulkan sensasi gatal, sehingga ingin sekali menggaruknya. Mengatasi rasa gatal tersebut bisa diredam dengan penggunaan es batu.

Aplikasikan es batu pada area jidat yang mengalami bruntusan hingga rasa gatal berangsur-angsur menghilang. Selain menghilangkan rasa gatal, es batu juga bisa membuat kulit wajah Anda menjadi lebih segar dan mengurangi kemerahan pada kulit wajah. 

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

3. Tomat

Buah tomat

Tomat juga termasuk bahan alami yang bisa menghilangkan bruntusan di wajah. Tomat mengandung vitamin S dan vitamin C yang baik untuk kecantikan kulit wajah dan meredakan bruntusan. Cara membuat masker tomat tidak sulit, yaitu haluskan tomat terlebih dahulu dan aplikasikan di jidat. Jika ingin teksturnya lebih kental dan mampu melembapkan kulit wajah, Anda bisa mencampurkan tomat dengan madu. Kemudian, diamkan 10 – 15 menit dan bilas hingga bersih.

4. Minyak Zaitun 

Minyak zaitun

Cara menghilankan bruntusan di jidat secara alami lainnya yaitu dengan minyak zaitun. Bahan alami ini mengandung vitamin E yang dapat merawat kulit, seperti menghilangkan bruntusan yang membandel. Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun dan madu sebagai perawatan alami wajah. 

Campurkan kedua bahan alami tersebut dan aplikasikan campuran tersebut di jidat atau ke seluruh area kulit wajah secara merata. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih. Cara lainnya, Anda juga bisa menuangkan minyak zaitun secukupnya ke telapak tangan. Lalu, oleskan minyak zaitun tersebut di jidat atau ke seluruh kulit wajah. Diamkan sebentar dan bilas hingga bersih menggunakan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News