Keluarga

4 Cara Menghadapi Pasangan yang Sedang Cemburu dengan Tepat, Jangan Keliru!

4 Cara Menghadapi Pasangan yang Sedang Cemburu dengan Tepat, Jangan Keliru!

MOMSMONEY.ID - Ini lho 4 cara menghadapi pasangan yang sedang cemburu dengan tepat.

Rasanya, cemburu bukanlah hal yang aneh dalam hubungan romantis. Walaupun begitu, tak jarang salah satu pihak yang dicemburui merasa kewalahan saat menghadapi pasangannya yang sedang cemburu.

Alih-alih bereaksi negatif dan membuat segalanya menjadi kacau, alangkah baiknya Anda menenangkan diri sejenak sebelum menindaklanjuti kecemburuan pasangan.

Setelah tenang, terapkanlah 4 cara menghadapi pasangan yang sedang cemburu dengan tepat sebagaimana dilansir dari Bustle berikut ini.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Mengatasi Depresi, Biasakan Mulai Sekarang

1. Bicarakan ketakutan dan kecemasan pasangan

Jika Anda merasa kecemburuan pasangan benar-benar memengaruhi hubungan, baiknya duduk berdua dan tanyakan apa yang sebenarnya terjadi. Pastikan Anda mendengarkan ketika pasangan memberi tahu Anda tentang apa yang membuat ia cemburu dan jangan takut untuk mengungkapkan bagaimana perasaan Anda terhadap tindakannya.

Menurut terapis pernikahan dan keluarga bernama Danielle B. Grossman, jangan mencoba untuk meminimalkan, meniadakan, atau memperbaiki ketakutan pasangan. Juga, jangan mencoba menggertak pasangan agar tunduk, meremehkan, mempermalukan, atau mengancamnya.

Intinya, jangan menyerang pasangan saat ia sedang curhat kepada Anda perihal kecemburuannya. Cobalah berempati dan beri ia perhatian yang penuh.

2. Jangan bersikap defensif

Apabila pasangan mulai menuduh Anda melakukan sesuatu yang tidak benar misalnya berselingkuh, jangan buru-buru menyulut api dengan memulai perdebatan. Sebaiknya, ambil langkah mundur dan evaluasi situasinya terlebih dahulu.

Jika Anda langsung bersikap defensif atau membela diri sendiri, pasangan akan salah mengartikan reaksi Anda yang demikian dan menjadi semakin marah. Alih-alih bersikap defensif, cobalah untuk berbicara kepada pasangan dengan tenang dan selesaikan masalah secara bersama-sama.

Yakinkan pasangan bahwa Anda ingin selalu bersamanya dan tidak akan pergi ke mana-mana. Namun, jika Anda lebih memilih untuk mengakhiri hubungan, bersikaplah terbuka dan jelaskan secara langsung kepada pasangan tentang keputusan Anda tersebut.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Teman Toxic yang Harus Anda Waspadai, Salah Satunya Suka Bergosip

3. Tunjukkan kasih sayang ekstra

Setelah membahas alasan di balik kecemburuan pasangan, cobalah untuk menunjukkan kasih sayang ekstra kepadanya selama masa-masa rentan. Misal, lebih seringlah menyentuh pasangan guna membantu memulihkannya secara mental dengan lebih cepat.

Meskipun kecemburuan pasangan terasa tidak masuk akal bagi Anda, pastikan Anda memberikan pasangan dukungan sebanyak mungkin dengan menunjukkan betapa berartinya ia bagi Anda.

Apabila kecemburuan pasangan begitu parah atau tidak wajar sampai Anda tidak bisa bergaul dengan orang lain, maka Anda harus mencari bantuan atau bahkan mengakhiri hubungan sesegera mungkin.

4. Berusaha ada dan responsif untuk pasangan

Meskipun kecemburuan pasangan merupakan sesuatu yang perlu ia perbaiki sendiri, namun disarankan bagi Anda untuk bersikap tanggap saat pasangan menghubungi.

Jika Anda ada saat pasangan membutuhkan, itu dapat membantu menenangkan kebiasaan cemburunya.

Pada akhirnya, kepercayaan pasangan kepada Anda akan tumbuh lebih kuat ketika Anda selalu ada untuknya.

Itulah 4 cara menghadapi pasangan yang sedang cemburu dengan tepat. Dalam percintaan, kecemburuan bisa menjadi bumbu yang membuat hubungan lebih berwarna. Kendati demikian, jangan takut untuk menetapkan batasan dan konsekuensi tatkala kecemburuan pasangan tidak lagi menyehatkan atau sulit untuk ditoleransi ya Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News