Bugar

4 Cara Mengatasi Jerawat Hormonal di Usia 20-an, Harus Coba!

4 Cara Mengatasi Jerawat Hormonal di Usia 20-an, Harus Coba!

MOMSMONEY.ID - Cukup sering dialami usia remaja, inilah cara mengatasi jerawat hormonal di usia 20-an. Jerawat hormonal disebabkan pada masalah kulit yang dipicu kerja hormon dan menyebabkan produksi sebum berlebih.

Agar tampilan wajah di usia muda tetap cantik dan sehat, Anda perlu membersihkan dan merawat kesehatan kulit. 

Berikut empat cara mengatasi jerawat hormonal di usia 20-an dilansir dari natur-e.co.id, yaitu: 

1. Berjemur Pagi Hari

Pertama, cara mengatasi jerawat hormonal adalah berjemur pagi hari. Jangan malas bangun pagi untuk berjemur atau beraktivitas lainnya di bawah sinar matahari.

Berjemur tidak perlu membutuhkan waktu lama, cukup 15 menit untuk asupan kandungan vitamin D alami yang mengendalikan produksi sebum di wajah.

Sehingga, risiko munculnya jerawat dari kombinasi sebum dan bakteri akan bisa dikurangi.

2. Mengonsumsi Sayuran Hijau

Cara mengatasi jerawat hormonal selanjutnya adalah mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau adalah bahan makanan tinggi antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan membantu menyamarkan bekas jerawat.

Selain sayuran hijau, sayuran berwarna kuning dan oranye seperti paprika dan wortel juga memiliki manfaat baik buat kulit.

Tubuh setiap orang berbeda dan beberapa mungkin akan mengalami lebih banyak masalah jerawat hormonal saat konsumsi makanan tertentu.

Konsultasikan dengan dokter dan lakukan pengamatan pada pola makan Anda untuk mengetahui mana yang terbaik 

Baca Juga: 4 Bahan Eksfoliasi Alami untuk Merawat Kulit Wajah

3. Membatasi Konsumsi Olahan Susu

Berikutnya, membatasi konsumsi olahan susu juga termasuk cara mengatasi jerawat hormonal. Ternyata terlalu banyak konsumsi olahan susu yang mengandung artificial hormones, apalagi ditambah dengan kandungan gula yang tinggi, dapat memicu munculnya jerawat. 

Kemudian, menurut Journal of Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, jenis bahan makanan olahan susu bisa merangsang produksi hormon dan memicu kulit lebih berminyak.

Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsinya selama kurang lebih 6 minggu hingga masalah kulit mereda.

4. Menjadikan Biji-Bijian Sebagai Kudapan

Cara mengatasi jerawat hormonal lainnya adalah menjadikan biji-bijian sebagai kudapan seperti biji bunga matahari, flax seeds, hingga pumpkin seeds.

Pilih produk yang bebas minyak dan minim kandungan bahan tambahan. Kandungan mikronutrisi ini dipercaya mampu menyeimbangkan hormon sehingga dapat menekan risiko munculnya jerawat hormonal dan kulit jadi mulus kembali.

Pola makanan yang mengandung nutrisi sehat dan seimbang dapat membantu menjaga kulit remaja hingga usia 20an tetap sehat dan cantik. Salah satu yang diperlukan untuk menjauhkan jerawat dari kulit mulus Anda adalah vitamin E.

Itulah empat cara mengatasi jerawat hormonal yang harus Anda lakukan, rawat kulit wajah sejak dini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News