ads

4 Cara Mencegah Rabies pada Kucing Peliharaan

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 05 Agustus 2022 | 19:30 WIB
4 Cara Mencegah Rabies pada Kucing Peliharaan


MOMSMONEY.ID - Dari berbagai virus yang bisa menyerang kucing, rabies termasuk salah satu jenis virus yang sangat berbahaya.

Dilansir dari PetMD, rabies adalah virus yang dapat berakibat fatal pada kucing. Jika terinfeksi dan menunjukkan gejalanya, tidak ada obat yang bisa diberikan. Dalam kurun waktu beberapa hari saja, kesehatan si kucing akan makin menurun hingga akhirnya mati.

Nah, jika Anda tidak ingin kucing peliharaan di rumah terserang virus satu ini, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Dirangkum dari US Center for Disease Control (CDC) dan Small Door Vet, berikut penjelasannya.

Berikan vaksin

Vaksin merupakan salah satu hal utama yang bisa mencegah penularan rabies pada kucing.

Termasuk jenis vaksin yang wajib untuk kucing, vaksin rabies bisa mulai diberikan pada kucing berusia 12 minggu. Pemberian vaksin booster atau tambahan bisa diberikan dalam kurun waktu setahun setelahnya, dan diulangi kembali setiap 1-3 tahun.

Baca Juga: Mengenal Rabies Pada Kucing, Virus yang Bisa Berakibat Fatal!

Tak hanya mencegah si kucing tertular rabies, pemberian vaksin juga akan mencegah kucing menularkan rabies pada hewan atau manusia lainnya.

Periksakan kucing secara rutin

Selain memberikan vaksin, jangan lupa untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan kucing secara rutin di dokter hewan langganan.

Dengan memeriksakan kucing secara rutin, dokter hewan akan mudah memantau kondisi kesehatannya dan tahu jika ada hal yang tidak beres dengan si kucing. Jadi, penanganannya akan lebih cepat.

Jaga kucing supaya tetap di dalam rumah

Rabies umumnya ditularkan dari kucing lain yang terinfeksi oleh virus ini, khususnya kucing liar yang berkeliaran di luar rumah.

Jadi, untuk membantu mencegah penularan rabies pada kucing, sebisa mungkin jaga kucing peliharaan Anda supaya tetap berada di dalam rumah.

Baca Juga: Mengapa Kucing Suka Menggaruk Sesuatu? Berikut Penjelasannya

Jika si kucing memang suka bermain di luar, Anda bisa mengawasinya secara ketat supaya tidak mudah berinteraksi dengan hewan lain.

Lakukan sterilisasi kucing

Terakhir, Anda bisa melakukan sterilisasi pada kucing untuk membantu menekan laju penularan rabies di lingkungan rumah.

Mengapa sterilisasi bisa membantu? Sebab, dengan sterilisasi, Anda akan turut mengurangi kelahiran kucing yang berlebihan sehingga tidak akan terjadi overpopulasi. Dengan populasi kucing yang terkontrol, penularan virus rabies akan lebih terkontrol pula.

Itulah beberapa cara untuk mencegah penularan rabies pada kucing. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER