Bugar

4 Cara Memilih Masker Wajah yang Benar, Hasilnya Maksimal!

4 Cara Memilih Masker Wajah yang Benar, Hasilnya Maksimal!

MOMSMONEY.ID - Agar hasilnya maksimal, inilah beberapa cara memilih masker wajah yang benar. Masker wajah termasuk perawatan kulit yang perlu rutin digunakan.

Masker wajah berfungsi untuk menutrisi kulit, mengatasi masalah kulit, melembabkan dan mencerahkan kulit. 

Sama seperti memilih produk skincare lainnya, Anda tentu perlu memperhatikan kandungan dan keamanan produk skincare. Oleh karena itu, berikut empat cara memilih masker wajah yang tepat dilansir dari senka.id

1. Pilih masker sesuai jenis kulit

Cara pertama memilih masker wajah yang tepat adalah pilih masker sesuai jenis kulit. Hal ini karena tidak semua varian masker bisa cocok di kulit Anda. Cara mengetahuinya dengan cukup memperhatikan tekstur kulit setelah cuci muka. 

Pertama, jika timbul sensasi perih dan kemerahan, kulit Anda dapat dikategorikan sebagai jenis kulit sensitif. Kedua, kalau kulit Anda berkilap setelah dibilas, berarti tipe kulit Anda berminyak.

Selanjutnya, bila permukaan kulit terasa kasar dan kencang, itu tandanya kulit Anda masuk dalam kategori kulit kering. Sehingga, butuh varian masker yang dapat melembapkan kulit.

Setelah tahu jenis kulit Anda, tinggal cari jenis dan kandungan masker yang tepat, sesuai dengan tipe dan permasalahan kulit Anda. 

Baca Juga: Gunakan Cara Ini untuk Memutihkan Wajah dengan Produk Skincare

2. Gunakan masker dengan kandungan yang tepat

Cara memilih masker wajah selanjutnya adalah gunakan masker dengan kandungan yang tepat. Pada jenis kulit kering, Anda bisa pilih sheet mask dengan kandungan yang dapat melembapkan, seperti Ceramides, Glycerin, atau Hyaluronic Acid.

Pada kulit kusam dan berminyak, pilihlah masker jenis clay mask dengan kandungan pencerah agar wajah bebas kilap lebih lama. Anda bisa pilih masker dengan kandungan Niacinamide yang sangat efektif dalam mengobati jerawat, menyamarkan bintik hitam, serta mengecilkan tampilan pori di wajah. 

Sedangkan, pada kulit sensitif dan kering, maka masker bertesktur gel dengan kandungan Uji Green Tea dapat dipilih agar iritasi kulit Anda membaik, kemerahan di kulit jadi kalem, dan elastisitas kulit terjaga agar tetap kencang dan kenyal. 

3. Masker aman 

Berikutnya, pilihlah masker wajah yang aman digunakan. Pemilihan masker secara asal-asalan dapat memicu breakout, yang akhirnya berubah menjadi jerawat. Kalau udah jerawatan, permasalahan yang harus dihadapi makin banyak lagi.

Anda akan berurusan dengan kulit kusam, bekas jerawat yang mengganggu, hingga risiko terbentuknya jaringan parut (scar). Oleh karena itu, pastikan pilihlah masker yang teruji dermatologis atau sudah lulus uji BPOM ya.

4. Liat review dari pengguna

Terakhir, Anda bisa menonton atau membaca review dari pengguna produk masker. Seiring berkembangnya teknologi ditambah lagi kemudahan dalam mengakses informasi membuat Anda bisa melihat review dengan mudah di internet.

Mau liat tekstur, tempat membeli masker yang tepercaya atau pengalaman pengguna dalam menggunakan masker jenis tertentu, semua bisa Anda dapatkan informasinya langsung dari rumah. 

Itulah beberapa cara memilih masker wajah yang tepat buat kesehatan kulit. Perhatikan produk masker wajah yang Anda gunakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News