Bugar

4 Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Anak-Anak, Rawat Sejak Dini

4 Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Anak-Anak, Rawat Sejak Dini

MOMSMONEY.ID - Ajak si kecil merawat kulit, Anda bisa membuat masker wajah alami yang aman untuk anak-anak

Bahan yang digunakan cukup aman untuk kulit anak-anak karena dari bahan alami. Manfaat yang bisa dirasakan seperti, membuat tampilan kulit cerah, lembab dan sehat.

Yuk, coba buat masker wajahnya di rumah bareng anak-anak. Melansir dari jovee.id, berikut empat cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak, yaitu: 

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Rosehip Oil untuk Wajah, Atasi Peradangan dan Jerawat

1. Kopi

Masker wajah alami yang aman untuk anak-anak dengan bahan kopi. Cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak ini tidak sulit dibuat. 

Anda hanya perlu mencampurkan bubuk kopi dengan air secukupnya sampai mencapai kekentalan yang diinginkan. Aplikasikan ke wajah dan leher sampai merata. Diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Selain itu, Anda bisa mencampurkannya dengan madu karena madu memiliki sifat anti bakteri yang cocok untuk merawat kulit anak. Selain itu, madu juga dapat meningkatkan hidrasi kulit.

2. Yogurt

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan yogurt untuk membuat masker wajah alami anak-anak. Yogurt terbuat dari proses fermentasi susu yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. 

Masker yogurt dapat melembutkan dan menghaluskan wajah. Selain itu yogurt juga cocok untuk berbagai jenis tipe kulit, termasuk kulit anak-anak.

Cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak dari yogurt sangat mudah. Pilih yogurt plain atau tawar yang tidak mengandung gula.

Masker yogurt bisa dicampurkan dengan sedikit madu untuk efek melembapkan kulit anak yang lebih baik. Aplikasikan campuran yogurt ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit.

Bilas dengan air bersih setelahnya. Setelah pemakaian masker yogurt, kulit anak akan terasa lebih lembap dan kenyal.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Toner Alami dari Rumah, Tidak Sulit

3. Bedak bayi

Punya bedak bayi di rumah? Anda bisa membuat masker wajah alami untuk anak-anak dari bedak bayi. Cara membuat masker alami ini dengan mencampurkan bedak bayi secukupnya dengan air di dalam wadah.

Sesuaikan kekentalan dan takarannya, kemudian oleskan masker secara merata di wajah dan leher. Diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Kemudian, Anda bisa menambahkan minyak-minyak alami untuk menambah manfaatnya, misalnya minyak zaitun atau minyak kelapa murni.

Pastikan melakukan tes alergi dengan mengaplikasikan sedikit campuran masker ke lengan dalam anak. Apabila terjadi reaksi alergi, hentikan penggunaan masker bedak bayi ini. 

4. Mentimun

Terakhir, Anda bisa menggunakan mentimun untuk membuat masker wajah alami anak-anak. Mentimun memberikan efek menenangkan, mendinginkan, dan membuat nyaman kulit. Mentimun termasuk bahan masker alami yang aman digunakan anak-anak.

Cara membuat masker wajah alami ini, yaitu blender mentimun dengan menambahkan campuran madu atau sedikit yogurt. Aplikasikan ke seluruh wajah dan leher anak. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas masker menggunakan air bersih.

Bagi anak-anak yang menjelang usia remaja di mana kulitnya mulai berminyak, masker dari bahan mentimun dapat membantu mengontrol kadar minyak pada wajah.

tulah empat cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak. Pastikan bahan alami yang digunakan aman dan nyaman untuk kulit anak-anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News