Bugar

4 Cara Membuat Masker untuk Masalah Kulit Kusam dari Bahan Alami

4 Cara Membuat Masker untuk Masalah Kulit Kusam dari Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Kulit kusam bikin tidak percaya diri, rawat kulit wajah dengan masker alami. Anda bisa coba cara membuat masker untuk masalah kulit kusam dari bahan alami. 

Kulit kusam membuat penampilan wajah jadi kurang menarik. Oleh karena itu, Anda harus mencerahkannya dengan masker alami. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah didapatkan di rumah. 

Jika Anda tertarik, berikut empat cara membuat masker untuk masalah kulit kusam dari bahan alami dilansir dari jovee.id

Baca Juga: Promo Kartu Kredit Digibank di PegiPegi, Dapatkan Diskon Hotel

1. Teh Hijau

Cara pertama membuat masker untuk kulit kusam dengan bahan teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk memelihara kesehatan kulit, terutama untuk kulit berminyak yang kusam.

Anda bisa mendapatkan manfaat baik dari teh hijau untuk kulit dengan cara diminum atau pun diaplikasikan langsung ke kulit. Selain itu, Anda juga bisa mengolah teh hijau menjadi masker wajah. 

Caranya dengan haluskan 2 sendok makan daun teh hijau menjadi bubuk halus. Tambahkan sedikit yoghurt tawar, setetes minyak esensial favorit Anda, dan pijatkan pada wajah dan leher selama satu menit.

Kemudian, bersihkan dengan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk lembut. Lakukan perawatan wajah ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Pisang, Lemon, dan Madu

Anda bisa menggunakan pisang, lemon dan madu untuk mengatasi masalah kulit kusam. Pisang, lemon, dan madu dapat dijadikan masker wajah yang membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan membantu membuat kulit terasa kenyal dan glowing.

Kandungan serat larut, kalsium, potassium, dan magnesium dalam pisang bekerja efektif untuk membantu mengatasi kulit berminyak, serta anti mikroba yang dapat mencegah kusam akibat bekas jerawat.

Cara membuat masker alami ini, yaitu haluskan pisang, tambahkan satu sendok makan madu dan satu sendok teh sari lemon murni. Oleskan pada area wajah dan leher.

Biarkan mengering selama 10-15 menit. Bersihkan dengan air hangat untuk hasil terbaik. Keringkan wajah dengan handuk lembut.

Baca Juga: Promo Kartu Kredit BRI di Traveloka, Diskon Tiket Kereta Api Hingga Rp 50.000

3. Pepaya dan Oatmeal

Berikutnya, cara membuat masker untuk masalah kulit kusam dengan bahan pepaya dan oatmeal. Pepaya memiliki kandungan antioksidan dan sumber vitamin A yang bagus untuk kulit. Kandungan papainnya juga terbukti bisa membantu mengatasi noda dan jerawat pada wajah.

Haluskan pepaya secukupnya dan tambahkan satu sendok teh oatmeal. Aduk bahan-bahan sampai tercampur.

Oleskan pada wajah dan leher sambil dipijat-pijat secara lembut dengan gerakan melingkar. Diamkan masker selama 10-15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Keringkan wajah dengan handuk lembut.

4. Cokelat

Cara membuat masker untuk kulit kusam lainnya dengan cokelat. Kandungan di dalam cokelat bisa merawat kulit agar lebih cerah dan glowing.

Cokelat hitam kaya akan antioksidan. Cokelat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga tanda-tanda penuaan kulit dapat dicegah dan membuatnya menjadi lebih cerah.

Anda bisa membuat sendiri masker cokelat dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Caranya dengan mencampurkan ½ cangkir bubuk cokelat murni, 3 sendok makan oatmeal, dan ¼ cangkir madu.

Oleskan campuran tersebut ke wajah dan leher sampai rata. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air dingin. Keringkan wajah dengan handuk lembut.

Cukup mudah, kan? Itulah beberapa cara membuat masker untuk masalah kulit kusam dari bahan alami. Pastikan bahan yang digunakan aman untuk kulit Anda, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News