HOME, Bugar

4 Cara Membuat Masker Rambut Alami dari Rumah

4 Cara Membuat Masker Rambut Alami dari Rumah

MOMSMONEY.ID - Meskipun masker rambut telah banyak dijual di pasaran, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami dari rumah. Masker rambut berfungsi untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Jika Anda tertarik mencoba, berikut cara membuat masker rambut dengan bahan alami yang dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

1. Kuning Telur

Kuning Telur

Cara membuat masker rambut dengan bahan alami pertama adalah kuning telur. Bahan alami yang mudah didapatkan ini bisa mengatasi rambut yang rusak, seperti kering, patah-patah dan kering.

Hal ini karena telur mengandung xanthophylls atau antioksidan yang mampu memperbaiki kondisi rambut yang rusak sekaligus menjadikannya halus dan lembut.

Anda bisa mengaplikasikan kuning telur pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut sambil memijatnya dengan lembut. Kemudian bungkus rambut dan kepala dengan menggunakan handuk. Lalu, diamkan kurang lebih selama satu jam. Selanjutnya, bilas dengan air dingin.  

2. Yogurt dan Madu

Yogurt tawar

Cara membuat masker rambut dengan bahan alami selanjutnya yaitu yogurt dan madu. Kandungan asam sitrat yang ada pada yogurt dapat membantu mengatur pH rambut.

Hal ini dikarenakan yoghurt dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut dan mengondisikan rambut Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan madu yang dapat membantu memperbaiki beberapa masalah, seperti ketombe dan dermatitis seboroik pada kepala.  

Cara membuatnya tidak sulit yaitu campurkan semua  bahan ke dalam mangkuk hingga mendapatkan campuran yang halus. Kemudian aplikasikan campuran ini ke rambut Anda secara merata, mulai dari akar hingga ke ujung rambut.

Setelah kulit kepala dan rambut Anda seluruhnya tertutup masker, tunggu selama 30 menit. Selanjutnya, bilaslah rambut Anda dengan sampo ringan bebas sulfat.

Baca Juga: Promo Hotel & Holiday Stays di Traveloka, Diskon Hingga Rp400.000 dengan Paylater

3. Oatmeal

Ilustrasi kesehatan oatmeal

Oatmeal juga bisa dijadikan sebagai bahan alami membuat masker rambut. Oatmeal mempunyai kandungan lipid dan protein yang berfungsi untuk melembapkan kulit kepala, membantu mencegah ketombe sekaligus menyegarkan rambut.

Caranya adalah cukup campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan tiga sdm susu hangat dan minyak almond hangat. Kemudian aduk campuran tersebut hingga rata. Aplikasikan masker rambut ini di atas kulit kepala sambil memijatnya dengan gerakan memutar.

Lalu, bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 1 jam. Selanjutnya, Anda bisa membilasnya dengan air hangat hingga bersih. Jika Anda menggunakan masker rambut oatmeal ini pada rambut secara rutin, maka Anda akan merasakan sensasi rambut menjadi lebih halus dari ujung kulit kepala hingga ujung rambut.

4. Pisang dan Minyak Zaitun

Pisang

Cara membuat masker alami terakhir dengan bahan pisang dan minyak zatun. Jika Anda mengalami masalah rambut kering, maka dua bahan alami ini menarik untuk dicoba. Selain itu, kombinasi kedua bahan alami ini juga dapat menyeimbangkan pH kulit kepala, dan membuat rambut jadi terlihat lebih berkilau. 

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker rambut alami yaitu dengan mencampurkan sebuah pisang matang yang sudah dihancurkan dengan satu sdm minyak zaitun.

Kemudian aplikasikan campuran itu pada rambut yang sudah dibersihkan, lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, Anda bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News