Keluarga

4 Cara Membantu Anak Belajar Puasa di Bulan Ramadan, Gunakan Penguatan Positif

4 Cara Membantu Anak Belajar Puasa di Bulan Ramadan, Gunakan Penguatan Positif

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara membantu anak belajar puasa di bulan Ramadan yang bisa Moms terapkan.

Termasuk rukun Islam, ramadan merupakan bulan penuh berkah yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Umat Islam dianjurkan untuk lebih giat beribadah dan melaksanakan puasa satu bulan penuh.

Dikarenakan puasa di bulan ramadan merupakan perintah bagi umat Islam, maka kewajiban ini perlu diajarkan kepada anak-anak sedari dini. Ini bertujuan untuk membiasakan dan menjadikan anak lebih siap berpuasa hingga tiba waktunya mereka memasuki usia yang diwajibkan untuk berpuasa.

Kendati begitu, mengajarkan anak untuk berpuasa cenderung sulit dan membutuhkan usaha ekstra dari pihak orang tua. Melansir Ummi and Kids, berikut ini 4 cara membantu anak belajar puasa di bulan ramadan:

1. Pastikan anak siap secara fisik

Cara membantu anak belajar puasa di bulan ramadan dengan memastikan anak siap secara fisik.

Sebelum memerhatikan hal lain, Anda harus memastikan bahwa anak-anak Anda telah siap secara fisik untuk berpuasa. Pastikan mereka baik-baik saja dan sedang dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Tidak Sulit, Ini 7 Tips Retouch Makeup Agar Tetap Flawless Seharian

Penting untuk dicatat bahwa setiap anak berbeda-beda. Mungkin, beberapa di antara mereka sudah merasa siap untuk berpuasa ketika usianya menginjak 4 tahun, sementara yang lain baru merasa siap untuk mulai puasa pada usia 6 tahun.

Jadi, pastikan Anda mengevaluasi apa yang terbaik untuk anak Anda ya Moms.

2. Persiapkan mental anak

Cara membantu anak belajar puasa di bulan ramadan selanjutnya adalah mempersiapkan mental anak.

Secara alami, anak-anak dipenuhi dengan rasa penasaran sehingga mereka gemar bertanya “mengapa”. Tatkala anak Anda bertanya mengapa mereka harus berpuasa di bulan ramadan, pastikan Anda memberikan alasan yang sederhana namun tetap terdengar masuk akal bagi mereka ya Moms.

Dengan menjelaskan alasan mengapa anak harus berpuasa, itu akan menjadi faktor motivasi yang sangat besar bagi mereka untuk menjalani puasa dengan maksimal sepanjang hari.

Bisa juga menyelipkan ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan puasa beserta artinya (seperti Q.S. Al-Baqarah ayat 183) guna meyakinkan anak Anda bahwa puasa merupakan salah satu perintah Tuhan yang wajib dilakukan oleh orang-orang yang beragama Islam.

Baca Juga: 4 Produk Basic Skincare yang Perlu Dipakai Saat Bulan Puasa, Apa Saja?

3. Berikan penguatan positif

Dorongan dan penghargaan fisik bisa menjadi motivasi yang bagus bagi anak-anak untuk mau menjalankan puasa. Itu bisa berupa makanan favorit untuk berbuka puasa, membelikan mereka sesuatu yang istimewa, atau sekadar pujian.

Anda bisa membuat bagan ramadan dan meminta anak untuk mengisinya dengan cara menempelkan stiker setiap kali mereka berhasil menyelesaikan puasa. Supaya anak semakin semangat untuk mengisi bagan tersebut, tawarkanlah hadiah tertentu untuk diberikan kepada mereka di akhir bulan ramadan.

Apabila anak tidak berhasil untuk berpuasa penuh, Anda tetap harus mengakui upaya mereka. Akui dan berikanlah anak Anda dorongan yang positif alih-alih meremehkan upaya mereka dan mempermalukannya.

4. Jelaskan tentang kebaikan puasa dan bulan ramadan

Sebagai orang dewasa, Anda pasti sudah tahu betapa istimewanya bulan ramadan. Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak tentu belum tahu sepenuhnya tentang hal tersebut.

Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus menjelaskan kepada anak Anda tentang kebaikan puasa dan bulan ramadan supaya mereka semangat untuk beribadah di bulan ramadan.

Adapun beberapa keutamaan berpuasa di bulan ramadan yang patut Anda sampaikan kepada anak-anak adalah sebagai berikut:

  • Dosa masa lalu akan diampuni oleh Tuhan selama berpuasa di bulan ramadan
  • Tuhan akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang-orang yang berpuasa
  • Puasa di bulan ramadan akan menjadi perisai dari api neraka

Itulah 4 cara membantu anak belajar puasa di bulan ramadan yang bisa Moms terapkan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News