HOME, Keluarga

4 Cara Luluran yang Tepat Supaya Hasilnya Maksimal

4 Cara Luluran yang Tepat Supaya Hasilnya Maksimal

MOMSMONEY.ID - Sama halnya dengan wajah, tubuh pun sangat perlu dieksfoliasi guna menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulitnya. Metode paling populer untuk mengeksfoliasi kulit tubuh adalah menggunakan body scrub atau biasa disebut juga dengan luluran.

Lulur tidak hanya berguna untuk mendorong proses pelepasan sel kulit mati, melainkan juga berguna untuk membantu membersihkan pori-pori sekaligus mencegah munculnya rambut yang tumbuh ke dalam (ingrown hairs) akibat waxing atau cukur. Dengan rajin luluran, kulit pun akan terasa segar, lembut, dan warnanya merata.

Nah, supaya luluran yang Anda lakukan membuahkan hasil maksimal, yuk simak 4 cara efektif luluran di bawah ini sebelum beranjak ke kamar mandi!

Baca Juga: Pahami 5 Manfaat Mencuci Muka Sebelum Tidur untuk Kulit

1. Persiapkan kulit

Kulit yang disiapkan dengan baik akan memungkinkan lulur bekerja secara efektif. Pertama, berendamlah di bathtub atau basahi tubuh Anda di bawah shower sebelum memulai prosesi luluran. Hal ini berguna untuk melembabkan kulit supaya kulit bisa mendapatkan manfaat penuh dari eksfoliasi yang akan dilakukan.

Untuk membantu membuka pori-pori dan melembutkan permukaan kulit, Anda bisa memanfaatkan air bersuhu hangat untuk berendam. Ini akan menjadi kesempatan yang sempurna untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda.

2. Oleskan lulur ke kulit secara merata

Usai melembabkan kulit dengan air, tahapan inti pun tiba. Bangunlah dari bathtub atau matikan shower kemudian raih produk lulur andalan Anda. Oleskan lulur dalam jumlah banyak secara merata ke seluruh kulit tubuh yang lembab.

Baurkan lulur sembari memijat-mijatnya dengan gerakan melingkar pada bagian dada, perut, punggung, pantat, dan semua anggota badan lainnya. Ketika Anda membaurkan lulur dari bagian atas tubuh ke bagian bawah tubuh, partikel eksfoliasi dalam lulur pun akan memiliki waktu untuk bekerja dengan baik sebelum Anda mengakhiri proses luluran. Dikarenakan kamar mandi cenderung licin, maka berhati-hatilah saat melakukan eksfoliasi di bagian telapak kaki.

3. Manfaatkan body brush

Jika Anda ingin meningkatkan kinerja eksfoliasi kulit yang dilakukan, Anda bisa memanfaatkan aksesori mandi khusus eksfoliasi berupa body brush. Body brush akan membantu meningkatkan dampak eksfoliasi dan pembersihan dari produk lulur yang Anda pakai.

Saat menggunakannya, pastikan untuk melakukan gerakan yang lembut agar tidak terlalu keras atau menyakiti kulit. Anda juga bisa melakukan gerakan sapuan panjang ke arah jantung untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah.

4. Bilas tubuh hingga bersih

Selesai membaurkan lulur ke seluruh tubuh, saatnya kembali ke bathtub atau shower untuk membilas lulur hingga tuntas. Lakukanlah gerakan memijat untuk menyingkirkan partikel eksfoliasi yang masih menempel pada tubuh. Setelah lulur perlahan meluruh, siram tubuh Anda dengan air hangat untuk menyingkirkan sisa lulur yang masih menempel hingga benar-benar bersih.

Jangan lupa untuk mengeringkan tubuh Anda dengan handuk yang bersih dan lembut. Terakhir, selalu ingat untuk langsung mengaplikasikan moisturizer usai luluran guna mengembalikan dan mengunci kelembaban pada kulit.

Itulah 4 cara luluran yang efektif untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan kotoran pada tubuh dengan maksimal. Meskipun produk lulur yang digunakan berbahan lembut, pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu sering ya. Direkomendasikan bagi Anda untuk luluran setidaknya 2-3 kali saja dalam seminggu, jangan sampai lebih dari itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News