HOME, Keluarga

4 Cara Konturing Wajah yang Paling Dasar Diketahui untuk Para Pemula Makeup

4 Cara Konturing Wajah yang Paling Dasar Diketahui untuk Para Pemula Makeup

MOMSMONEY.ID - Sering kali orang-orang keliru dan menganggap bahwa contour dan bronzer merupakan satu produk yang sama. Nyatanya, kedua produk ini sangat jelas berbeda baik dari segi formula maupun fungsinya.

Perbedaan utama antara contour dan bronzer terletak pada fungsinya. Contour digunakan untuk menambah dimensi dan bayangan pada wajah, sedangkan bronzer digunakan untuk menambah kehangatan pada wajah.

Meski sama-sama bisa berbentuk powder, cream, dan liquid, kedua produk ini memiliki cara yang berbeda untuk menambah kedalaman wajah.

Jika bronzer mampu menciptakan kesan tropis pada wajah, maka contour digunakan untuk menciptakan ilusi garis rahang yang lebih tajam, hidung yang lebih sempit, atau tulang pipi yang lebih menonjol.

Baca Juga: Blush On Powder VS Blush On Cream. Mana yang Lebih Baik?

Nah, setelah tahu perbedaannya, apakah Moms sudah tahu cara menggunakan contour yang paling dasar? Apabila Moms adalah seorang pemula dalam dunia makeup, yuk simak 4 tips dari Ipsy di bawah ini untuk belajar contouring pertama kalinya.

1. Pilih formula dan aplikator yang tepat

Contour Brush

Tempat pengaplikasian contour akan bervariasi berdasarkan bentuk wajah dan efek apa yang diinginkan. Untuk basic contour, Moms harus menemukan produk contour yang memiliki warna setidaknya 2 tingkat lebih gelap dari warna alami kulit.

Jika Moms menggunakan contour berbentuk powder, sebaiknya gunakanlah brush bersudut yang memang memiliki fungsi khusus untuk contouring.

Untuk cream atau liquid contour, spons yang dibasahi menjadi aplikator terbaik yang bisa Moms gunakan untuk membaurkan produk contour ke wajah.

2. Petakan wajah

Contour Wajah

Selesai memilih produk dan aplikator, tahap selanjutnya adalah memetakan wajah Moms. Pada tahap ini, Moms harus mencari tahu bagian wajah mana yang sekiranya pas untuk dibaurkan contour.

Untuk pola yang disarankan, Moms dapat mengaplikasikan contour pada kedua sisi wajah. Bentuklah angka 3 yang membentang dari dahi, tulang pipi, dan garis rahang.

3. Aplikasikan contour

Blend Contour

Setelah berhasil memetakan wajah, maka sekarang lah saatnya untuk mengaplikasikan contour dengan pola angka 3. Dimulai dari dahi, usapkan produk contour menuju ke sepanjang pelipis atau garis rambut tergantung bentuk wajah Moms. Kemudian, sapukan contour menuju titik terakhir yakni bagian bawah tulang pipi agar wajah terlihat tegas.

Terakhir, usapkan contour tepat di sepanjang tepi rahang dengan gerakan maju untuk membentuk garis rahang.

4. Blend

Contour Wajah

Tak perlu waktu lama, tahap terakhir pun tiba juga. Setelah wajah terbentuk oleh contour, Moms harus menyempurnakannya dengan cara mencampurnya atau blend. Moms dapat menggunakan spons atau brush untuk memadukan seluruh contour yang sudah dibaurkan agar terlihat mulus pada wajah.

Gunakanlah spons jika produk yang Moms pilih berupa cream atau liquid contour. Nah, untuk contour powder, Moms dapat melakukan blend dengan menggunakan brush.

Moms, itulah 4 tips dasar menggunakan contour wajah yang perlu diketahui jikalau Moms masih pemula dalam hal makeup. Selain konsisten, Moms juga perlu menyiapkan produk contour yang bagus supaya hasil akhir contouring tampak paripurna.

Adapun, beberapa produk contour yang bagus untuk para pemula antara lain Make Over Face Contour Kit, Focallure Highlighter & Contour Multi Stick, dan Mineral Botanica Highlight and Contour.

Selanjutnya: Seberapa Penting Menggunakan Primer Sebelum Foundation? Cari Tahu di Sini!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News