HOME, Keluarga

4 Cara Aman Mencoba Makeup Tester Secara Langsung di Toko, Sudah Tahu?

4 Cara Aman Mencoba Makeup Tester Secara Langsung di Toko, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Makeup memang harus dipilih dengan teliti sebelum dibeli agar perasaan menyesal karena salah membeli makeup dapat dihindari.

Agar benar-benar yakin dan tak salah beli, kehadiran makeup tester di toko-toko kosmetik memang terasa sangat membantu para calon pembeli. Pasalnya, kita dapat bebas mencoba secara langsung produk yang hendak dibeli dan melihat hasilnya di depan cermin.

Meskipun begitu, bukan berarti makeup tester aman-aman saja untuk digunakan. Dikarenakan banyaknya pembeli yang datang, belum tentu makeup tester yang ada di toko-toko kosmetik terjamin kebersihannya dan aman-aman saja untuk dicoba.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Memanjangkan Bulu Mata dan Alis Secara Alami

Nah, untuk meminimalkan risiko penggunaan makeup tester yang kurang bersih, MomsMoney akan membagikan tips aman mencoba makeup tester yang dilansir dari Allure sebagai berikut:

1. Hindari mencoba produk-produk yang lembab

Seorang MUA profesional bernama Susie Sobol menyarankan untuk tidak mencoba makeup tester yang memiliki tekstur lembab. Hindarilah untuk mencoba produk-produk seperti lipstick, lipbalm, hingga highlighter stick. Hal tersebut dikarenakan bakteri menyukai tempat lembab seperti produk-produk semacam tadi.

Lipstick, lipgloss, dan maskara menjadi produk yang paling berbahaya untuk dicoba. Pasalnya, ketiga produk tersebut bersentuhan dengan mata dan mulut banyak orang sehingga berpotensi menyebabkan infeksi. Mencoba concealer dan highlighter stick juga kurang disarankan karena bisa saja menimbulkan jerawat.

Produk yang paling aman dicoba adalah produk makeup yang kering seperti bedak serta blush on dan eyeshadow powder. Selalu ingat juga untuk membersihkan permukaan makeup tester dengan tisu bersih terlebih dahulu sebelum mencobanya.

2. Jangan coba makeup tester di wajah

Wajah adalah salah satu aset tubuh yang penting untuk dijaga penampilannya. Jadi, jangan pernah berpikir untuk mencoba makeup tester dengan cara memoleskannya langsung ke bagian wajah.

Memang akan terasa kurang memuaskan, namun hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko permasalahan kulit akibat kebersihan makeup tester yang kurang terjaga.

Alih-alih dipoleskan ke wajah, alangkah lebih baik untuk membaurkannya ke pergelangan tangan. Jika ingin mencoba lipstick tester, gunakanlah telapak tangan daripada punggung tangan. Karena, telapak tangan memiliki warna yang lebih mirip dengan warna asli bibir dibandingkan punggung tangan.

3. Gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah mencoba makeup tester

Hand sanitizer merupakan sesuatu yang wajib digunakan baik sebelum maupun sesudah mencoba makeup tester. Hal tersebut dikarenakan kandungan alkohol dalam hand sanitizer mampu menghilangkan bakteri yang ada pada makeup tester. Supaya mudah, gunakanlah hand sanitizer yang berbentuk spray.

Semprotkan hand sanitizer tidak hanya pada kemasan produk melainkan juga isi produk. Agar nyaman digunakan, siapkan tisu untuk mengeringkan makeup tester yang akan digunakan. Jangan lupa pula untuk menyemprotkannya ke tangan sehabis memegang makeup tester.

4. Jangan ragu untuk meminta makeup tester yang baru

Apabila makeup tester yang ada sudah terlalu kotor dan tidak layak untuk dicoba, maka Moms dapat meminta staf toko untuk menyediakan makeup tester yang baru.

Jika tidak berani, Moms dapat membeli makeup di toko-toko kosmetik yang menyediakan garansi pengembalian seperti Sephora untuk mencobanya di rumah. Apabila makeup yang dibeli dirasa tidak sesuai, maka Moms dapat mengajukan pengembalian ke toko kosmetik tersebut. Pastikan untuk mengonfirmasi terlebih dahulu tentang kebijakan pengembalian ini sebelum memutuskan untuk benar-benar membelinya ya Moms.

Demikian beberapa tips aman yang bisa Moms coba ketika akan mencoba makeup tester di toko-toko kosmetik. Jangan lupa untuk diingat dan dipraktikkan ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News