Bugar

4 Buah untuk Menurunkan Hipertensi, Silakan Anda Coba

 4 Buah untuk Menurunkan Hipertensi, Silakan Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Daftar buah untuk menurunkan hipertensi sangat beragam, dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan banyak komplikasi, mulai dari stroke hingga serangan jantung, yang dapat mengancam nyawa. 

Mengonsumsi buah untuk menurunkan hipertensi sangat penting, agar tekanan darah tetap stabil dan terhindar dari berbagai komplikasi.

Apa saja buah untuk menurunkan hipertensi ini? Bersumber dari Mayo Clinic, inilah beberapa buah untuk menurunkan hipertensi yang bisa Anda coba, antara lain: 

Baca Juga: Menjaga Berat Tubuh, Berikut Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

1. Bit

Buah untuk menurunkan hipertensi yang pertama adalah bit. Beberapa penelitian menunjukkan, minum jus bit dapat menurunkan hipertensi.

Bit memiliki kandungan nitrat yang bisa menjadi sumber makanan untuk menurunkan hipertensi. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dijus atau dimasak (dipanggang atau dikukus). 

2. Berry

Buah-buahan kelompok berry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid.

Sebuah penelitian menunjukkan, flavonoid dapat mencegah dan menurunkan hipertensi sehingga cocok untuk penderita hipertensi. 

Anda bisa mengonsumsi satu cangkir bluberry setiap hari dan bisa menambahkannya pada yogurt atau sereal pagi Anda. 

Baca Juga: Inilah 5 Buah yang Efektif untuk Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

3. Delima

Kandungan kalium dan polifenol dalam delima diyakini berperan untuk menurunkan tekanan darah. 

Penelitian oleh Plant Foods for Human Nutrition menunjukkan, konsumsi delima lebih dari satu gelas setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan hipertensi.

4. Pisang

Pisang adalah buah yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yogurt. 

Kandungan kalium yang tinggi dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh, sehingga makanan ini dinilai efektif menurunkan hipertensi.

Selain itu, jangan lupa juga untuk rutin memeriksa tekanan darah dan kondisi kesehatan Anda ke dokter guna mengantisipasi terjadinya komplikasi. 

Itulah beberapa buah untuk menurunkan hipertensi yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News