Keluarga

4 Buah Ini Dilarang Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan, Ini lo Alasannya

4 Buah Ini Dilarang Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan, Ini lo Alasannya

MOMSMONEY.ID - Meski buah baik untuk tubuh, ternyata ada beberapa jenis buah yang tak boleh dimakan selama masa kehamilan berlangsung.

Selama masa kehamilan, ada banyak hal yang membingungkan, termasuk jenis makanan yang boleh dan tak boleh dikonsumsi.

Sebab, apa yang ibu konsumsi akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan janin.

Nah, berikut ini MomsMoney hadirkan 4 jenis buah yang dilarang dimakan selama masa kehamilan, dilansir dari Times of India dan The Asian Parents:

Baca Juga: Pasutri Wajib Tahu, Ini 5 Makanan yang Menghambat Kesuburan Bikin Susah Hamil

Nanas

Nanas

Nanas adalah salah satu jenis buah yang tak boleh dimakan selama masa kehamilan berlangsung. Meski termasuk buah yang menyehatkan, nanas bisa menyebabkan komplikasi selama kehamilan.

Nanas yang mengandung enzim Bromelain dapat memecah protein dan membuat leher rahim melunak sehingga menyebabkan persalinan dini atau prematur, hingga keguguran.

Baca Juga: Telah Terbukti Secara Ilmiah, Ini 6 Makanan Sehat yang Sebabkan Asam Lambung

Pepaya

Cara Menyimpan Buah Pepaya yang sudah dipotong

Buah selanjutnya yang dilarang dimakan selama masa kehamilan ialah buah pepaya.

Meski pepaya mengandung aneka gizi baik yang dapat lancarkan pencernaan, nyatanya pepaya dapat menimbulkan reaksi panas dalam tubuh.

Suhu tubuh ibu hamil akan meningkat setelah mengonsumsi pepaya. Hal ini dapat memengaruhi kondisi janin.

Adapun kandungan lateks dalam pepaya yang dapat sebabkan berbagai reaksi, mulai dari kontraksi rahim, pendarahan, sampai keguguran. Jadi, ada baiknya hindari buah pepaya selama masa kehamilan berlangsung.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Daging Sapi Pakai Bahan Tradisional Agar Empuk dan Mudah Dikunyah

Anggur

Meski anggur termasuk ke dalam golongan buah dengan gizi terlengkap, nyatanya anggur merupakan jenis buah yang tak boleh dimakan selama masa kehamilan.

Anggur mengandung senyawa bernama resveratrol yang bertempat pada kulit dan buah anggur. Senyawa ini mengandung racun bagi ibu hamil.

Selain itu, selama masa kehamilan, pencernaan seorang ibu jadi melemah. Ada baiknya ibu hamil menghindari jenis buah anggur yang sulit dicerna, yakni anggur hitam.

Anggur hitam

Apabila Anda ingin mengonsumsi buah anggur selama masa kehamilan berlangsung, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Baca Juga: Wajib Dihindari, Inilah 5 Makanan Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersama Teh

Semangka

Semangka

Semangka dikenal karena kandungan hidrasinya yang tinggi. Sayangnya, semangka dilarang dimakan selama masa kehamilan berlangsung.

Semangka yang mengandung banyak air dapat membantu tubuh membuang segala jenis racun. Namun, ketika hamil, racun yang dikeluarkan ini berpotensi menyebar kepada janin.

Buah ini juga punya efek yang kurang baik bagi kesehatan ibu dan bayi. Sebab, semangka manis dan mengandung gula alami, maka semangka berpotensi meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi berlebihan.

Itu dia berbagai jenis buah yang tak boleh dimakan selama masa kehamilan berlangsung. Jika ingin tetap sehat, ada baiknya memilih jenis buah lainnya untuk dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News