HOME, Keluarga

4 Beauty Hacks Menggunakan Teh Celup Bekas yang Patut Anda Coba

4 Beauty Hacks Menggunakan Teh Celup Bekas yang Patut Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Teh memang nikmat untuk diminum di kala santai maupun sibuk. Populer di berbagai belahan dunia, kebiasaan minum teh bukan sekadar gaya hidup semata.

Lebih dari itu, minum teh juga menawarkan berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh seperti memperbaiki sel-sel yang rusak, melancarkan sirkulasi darah, dan meningkatkan metabolisme.

Ada banyak jenis teh yang bisa dikonsumsi sehari-hari mulai dari teh hijau, teh hitam, hingga teh oolong.

Selain jenisnya yang melimpah, teh juga memiliki berbagai macam penyajian serta bentuk. Dan, salah satu bentuk teh yang jumlahnya melimpah di pasaran adalah teh celup.

Moms, selain baik untuk tubuh, isian teh celup juga menyimpan beragam manfaat yang bagus untuk kulit lho.

Jika Anda gemar minum teh celup, mulai sekarang jangan langsung membuang bekasnya ya Moms. Daripada langsung dibuang, yuk manfaatkan teh celup bekas Anda untuk menerapkan 4 beauty hacks yang dilansir dari BeBeautiful ini.

Baca Juga: Mewah dan Artistik, Berikut Tips Dekorasi Rumah untuk Zodiak Taurus

1. Eksfoliasi kulit

Isi dari teh celup dapat berfungsi ganda sebagai scrub eksfoliasi yang bagus untuk kulit Anda. Tekstur kasar yang dimiliki teh dapat bekerja sebagai exfoliant yang akan mengelupas sel-sel kulit mati.

Selain itu, scrub dari teh celup juga bisa membantu membuka pori-pori dan menyingkirkan berbagai kotoran yang mungkin menempel pada kulit Anda.

Yang tidak kalah penting, membersihkan dan mengeksfoliasi kulit dengan scrub teh celup bisa membuat tampilan kulit tampak lebih bersinar.

2. Mengurangi mata bengkak

Hari yang melelahkan dan kurang tidur bisa membuat tampilan mata terlihat kusam dan lelah. Bahkan, tak jarang mata akan tampak bengkak dan tidak sedap untuk dipandang.

Salah satu cara terbaik sekaligus murah yang bisa Anda coba untuk membantu mengurangi bengkak di bagian bawah mata adalah dengan meletakkan teh celup yang sudah didinginkan di dalam kulkas ke atas mata Anda yang bengkak selama sekitar 15 menit. Meskipun sederhana, namun teh celup dingin dapat bekerja secara ajaib untuk menenangkan mata Anda dibandingkan bahan-bahan dapur lainnya.

3. Menenangkan luka bakar dan ruam

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka permasalahan ruam dan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari pun sangat besar kemungkinannya untuk menyerang Anda.

Untuk membantu menenangkan kulit yang terbakar dan meredakan ruam, mengapa Anda tidak mencoba untuk memanfaatkan teh celup?

Sebelum digunakan, dinginkan terlebih dahulu beberapa teh celup selama sekitar 30 menit di dalam lemari pendingin.

Setelah dingin, letakkan teh celup di area kulit Anda yang mengalami ruam atau terbakar dan biarkan selama 15 menit.

Supaya hasilnya maksimal, Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak dua kali sehari.

4. Membantu mengatasi penuaan dini

Pada dasarnya, kulit akan terus kehilangan elastisitasnya dari waktu ke waktu. Akibatnya, kulit akan menjadi kendur setiap harinya.

Saat elastisitas kulit Anda yang berkurang dipadukan dengan berbagai kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit, bukan mustahil akan menimbulkan efek negatif. 

Pada akhirnya, bisa saja kulit Anda akan dipenuhi dengan kerutan dan garis-garis halus yang datang lebih cepat dari seharusnya.

Nah, selain menggunakan produk skincare anti-aging, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memasukkan teh celup ke dalam rutinitas skincare harian Anda.

Hal itu guna membantu memerangi tanda-tanda penuaan dini. Anda bisa memanfaatkan isi dari teh hijau celup yang sudah diminum menjadi bahan dasar masker wajah.

Pertama-tama, pindahkan isi teh hijau celup bekas ke dalam mangkuk lalu campurkan dengan beberapa tetes lemon dan ekstrak aloe vera.

Setelah tercampur merata, oleskan masker ke seluruh area wajah dan leher Anda kemudian biarkan selama 5-10 menit.

Terakhir, bilas masker yang sudah mengering dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

Bagaimana, Moms? Tidak sulit bukan untuk mempraktikkan keempat beauty hacks teh celup bekas di atas?

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dicoba ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News