Santai

4 Bahaya Instal iOS 17 Beta di iPhone, Kapan Waktu Paling Aman?

4 Bahaya Instal iOS 17 Beta di iPhone, Kapan Waktu Paling Aman?

MOMSMONEY.ID - Apple telah meluncurkan beta pertama iOS 17 setelah mengumunkannya di WWDC 2023. Nah, artikel ini akan memberikan jawaban mengenai bahaya instal iOS 17 beta di iPhone.

Ya, memang tidak semua orang dapat instal iOS 17 beta di iPhone, tetapi jika Anda mau, Anda bisa menginstalnya. Namun, sebaiknya jangan. Ada empat bahaya instal iOS 17 beta di iPhone. 

Bahaya instal iOS 17 beta di iPhone tentunya akan memberikan dampak buruk ke ponsel Anda. 

Baca Juga: 16 Fitur Tersembunyi iOS 17 yang Tak Banyak Diketahui Pengguna, Intip yuk

Seperti diketahui, versi beta pengembang dari pembaruan iOS adalah versi eksperimental awal dari perangkat lunak, terutama ditujukan untuk penggunaan pengembang.

Tujuan utama build developer adalah untuk memastikan pengembang aplikasi dapat mengakses software terbaru dan mengoptimalkan aplikasi mereka sebelum rilis publik final.

Ini juga berfungsi sebagai cara bagi Apple untuk mengatasi bug dan gangguan yang terkenal untuk memastikan peluncuran yang mulus dan stabil.

Lalu, apa saja bahaya instal iOS 17 beta di iPhone? Berikut penjelasannya. 

Bahaya Instal iOS 17 Beta di iPhone

1. Masalah kinerja dan stabilitas

ios 17

Mengutip Make Use Of, iOS 17 beta dapat menguras baterai hingga melambatkan aplikasi. 

Sayangnya, pengurasan baterai ponsel adalah salah satu masalah paling umum dengan versi beta. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk menginstal versi beta awal di iPhone utama Anda.

Beberapa pengguna mungkin melaporkan bahwa mereka tidak menghadapi masalah kinerja atau terkait baterai, tetapi perhatikan bahwa masalah stabilitas ini sangat bergantung pada model iPhone yang Anda miliki. 

Jika tahun-tahun sebelumnya menjadi indikator, iPhone lama cenderung mengalami lebih banyak masalah.

Baca Juga: Cara Mengganti Foto Kontak iPhone di iOS 17 Terbaru, Jadi Lebih Menarik

2. Aplikasi yang tidak didukung

Saat Anda memperbarui iPhone ke perangkat lunak beta terbaru yang baru tersedia beberapa hari, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah kompatibilitas dengan aplikasi tertentu.

Meskipun aplikasi populer mungkin berfungsi dengan baik, beberapa aplikasi yang belum diperbarui secara berkala mungkin macet saat diluncurkan atau menghadapi masalah terkait stabilitas. 

Pengembang aplikasi dapat menggunakan perangkat lunak terbaru dan memeriksa apakah aplikasi mereka berfungsi sebagaimana mestinya. Jika tidak, mereka dapat meluangkan waktu dan memperbaiki bug tanpa mengkhawatirkan peringkat App Store. 

Ini membantu mereka menghindari masalah serupa setelah Apple membuat perangkat lunak tersedia untuk masyarakat umum.

3. Data hilang 

Meskipun masalah ini tidak khusus untuk versi beta, masalah ini lebih sering terjadi selama pembaruan beta.

Saat Anda memperbarui iPhone ke versi perangkat lunak utama yang baru, terutama perangkat lunak beta, selalu ada risiko kecil perangkat Anda akan rusak dan kehilangan semua data Anda dalam prosesnya.

Setiap tahun, beberapa pengguna melaporkan bahwa iPhone mereka macet di layar logo Apple selama berjam-jam selama pembaruan. 

Potensi kehilangan data ini dapat dihindari hanya dengan mencadangkan iPhone Anda sebelum pembaruan.

Anda dapat memulihkan iPhone yang terhapus dari cadangan lokal atau iCloud untuk memulihkan data Anda dalam beberapa menit.

Baca Juga: Cara Instal iOS 17 Beta di iPhone, Begini Tips Download Sekaligus Uninstal

4. Beta pengembang bukan untuk penguji beta

Apple hanya ingin pengembang menginstal pengembang iOS 17 beta. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memiliki akun pengembang Apple berbayar, dengan biaya $99 per tahun, untuk mengaksesnya.

Apple telah mengubah cara peluncuran pembaruan beta untuk perangkat iOS dan iPadOS pada tahun 2023.

Sebelumnya, siapa pun dengan profil konfigurasi beta dapat mengakses firmware pengembang, tetapi itu tidak mungkin lagi sejak iOS 16.4.

Sayangnya, ini tidak menghentikan pengguna biasa untuk membayar biaya ini dan mendaftar di Program Pengembang Apple untuk mengakses pembaruan beta di iPhone mereka.

Tetapi siapa pun yang melakukannya cenderung mengalami versi iOS yang bahkan kurang stabil daripada yang akan mereka dapatkan dengan beta publik di masa mendatang.

Beta pengembang dimaksudkan untuk pengembang untuk memperbarui aplikasi mereka, bukan untuk penguji beta untuk melihat bagaimana semuanya bekerja.

Baca Juga: Daftar iPhone Tidak Bisa Update iOS 17, Cek Ponsel Anda

Kapan Aman Instal iOS 17 Beta? 

Perangkat lunak beta apa pun tidak pernah sepenuhnya aman, dan ini juga berlaku untuk iOS 17. 

Waktu teraman untuk menginstal iOS 17 adalah saat Apple meluncurkan build stabil terakhir untuk semua orang di musim gugur atau bahkan beberapa minggu setelah itu. 

Pada saat itu, Apple akan menyelesaikan pengujian perangkat lunak secara ekstensif dengan pengembang dan penguji beta.

Oleh karena itu, jika Anda tidak sabar, opsi teraman berikutnya adalah menunggu beta publik iOS 17 yang akan tiba pada bulan Juli. 

Nah, itulah beberapa bahaya instal iOS 17 beta di iPhone yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News