Keluarga

4 Bahan Skincare yang Tidak Boleh Dikombinasikan dengan Retinol, Yuk Cari Tahu!

4 Bahan Skincare yang Tidak Boleh Dikombinasikan dengan Retinol, Yuk Cari Tahu!

MOMSMONEY.ID - Retinol sedang menjadi tren di dunia per-skincare-an akhir-akhir ini. Hal tersebut tentu tidak mengherankan mengingat retinol memiliki kemampuan yang cukup efektif dalam membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik hitam.

Di sisi lain, retinol termasuk bahan aktif skincare yang tergolong keras sehingga harus digunakan dengan cermat dan hati-hati. Salah satu tips menggunakan retinol yang patut diterapkan yakni tidak menggabungkannya dengan bahan skincare lain secara sembarangan.

Supaya Anda tidak salah langkah dalam mengaplikasikan retinol, berikut 4 bahan skincare yang tidak boleh dikombinasikan dengan retinol sebagaimana dilansir dari lama Everyday Health dan Byrdie.

Baca Juga: Wajib Coba! Inilah 5 Cara Mengatasi Kantung Mata Kendur dengan Benar

1. Retinol dan Vitamin C

Bahan skincare pertama yang tidak boleh dikombinasikan dengan retinol adalah vitamin C. Vitamin C adalah bahan yang sulit untuk diformulasikan karena paling efektif dalam lingkungan ph asam. Sementara itu, retinol bekerja pada ph yang lebih tinggi atau lebih basa.

Jika digunakan bersama-sama, kombinasi antara retinol dan vitamin C tidak akan bekerja secara optimal serta berisiko menyebabkan iritasi kulit.

Mengingat retinol dapat menyebabkan fotosensitivitas kulit, maka aplikasikan skincare yang mengandung retinol pada malam hari guna mencegah peningkatan risiko kerusakan kulit akibat sinar matahari. Sebaliknya, pakailah skincare yang mengandung vitamin C pada siang hari dan kombinasikan dengan sunscreen guna melindungi kulit dari radikal bebas dan fotosensitivitas.

2. Retinol dan Retinol

Melapisi terlalu banyak retinol ke kulit wajah dapat menjadi bumerang dan mungkin tidak akan berakhir dengan baik.

Ketika Anda terlalu bersemangat untuk mengaplikasikan serum retinol dan krim retinol secara bersamaan, kemungkinan besar wajah Anda akan mengalami peradangan dan gatal selama berhari-hari.

Untuk menghindari peradangan dan kerusakan pada kulit, alangkah baiknya Anda menggunakan skincare retinol satu per satu pada hari yang berbeda.

Baca Juga: Pahami 4 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas yang Harus Anda Tahu

3. Retinol dan Alpha Hydroxy Acid

Baik retinol maupun Alpha Hydroxy Acid (AHA) sama-sama dapat mengelupas lapisan luar kulit sehingga rentan menimbulkan efek samping yang berpotensi mengiritasi kulit saat dikombinasikan.

Sebaiknya, aplikasikanlah AHA pada hari Senin lalu retinol pada hari berikutnya dan seterusnya alih-alih menggunakan kedua bahan tersebut secara bersamaan pada hari yang sama.

Dengan begini, kulit Anda akan mendapatkan manfaat anti-aging sekaligus mengalami pergantian sel kulit yang lebih cepat dan peningkatan produksi kolagen tanpa menjadikannya kemerahan dan terkelupas.

4. Retinol dan Salicylic Acid

Dalam upaya mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, Anda mungkin tertarik untuk menggunakan retinol. Dan, untuk melawan jerawat dengan lebih baik, Anda mungkin tergoda untuk menggunakan salicylic acid atau Beta Hydroxy Acid (BHA) karena mampu meningkatkan pergantian sel kulit dan menjaga pori-pori tetap bersih.

Namun, pastikan untuk memakai retinol dan salicylic acid secara terpisah ya Moms. Pasalnya, mengombinasikan retinol dengan salicylic acid dapat mengeringkan kulit.

Jika Anda bersikeras untuk terus mengaplikasikan retinol dan salicylic acid secara bersamaan, kulit akan mengalami overdrying yang dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi kulit yang bermasalah. Tatkala kulit mengalami overdrying, kulit akan meningkatkan produksi minyak guna mengimbangi kekeringan yang berisiko memperparah jerawat. Sebagai rekomendasi, gunakanlah salicylic acid pada pagi hari dan retinol pada malam hari untuk hasil terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News