HOME, Keluarga

4 Bahan Dapur Ini Ternyata Sangat Bagus untuk Kecantikan Kulit Lho Moms!

4 Bahan Dapur Ini Ternyata Sangat Bagus untuk Kecantikan Kulit Lho Moms!

MOMSMONEY.ID - Sebagai wanita, tentu Anda tidak asing dengan berbagai bahan yang ada di dapur kan Moms? Tak hanya bisa diolah sebagai masakan seperti biasanya, ternyata bahan-bahan dapur juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk mempercantik kulit lho.

Tentunya, tidak semua bahan-bahan dapur yang ada bisa Anda gunakan secara asal pada kulit Anda ya Moms.

Supaya tidak salah pilih, berikut MomsMoney sampaikan bahan-bahan dapur apa saja yang aman untuk digunakan pada kulit sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Konsumsi 4 Makanan Ini untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit Anda

1. Kunyit

Kunyit

Kunyit dikemas dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang berguna untuk menenangkan kulit yang iritasi dan terbakar matahari. Oleh sebab itu, kunyit menjadi salah satu bahan dapur yang bagus untuk diaplikasikan pada kulit berjerawat.

Tak hanya bagus untuk jerawat, kunyit juga bisa membantu mengatasi bekas luka yang membandel akibat jerawat lho Moms.

Campurkan 1 sendok makan kunyit bubuk dengan aloe vera gel secukupnya. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke seluruh area wajah Anda yang bermasalah. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas wajah Anda hingga benar-benar bersih.

2. Garam

Garam

Selain populer sebagai bahan penyedap masakan, garam juga menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Garam tergolong brilian untuk membantu menyembuhkan kulit yang bersisik dan dehidrasi.

Garam alami penuh dengan elektrolit yang berguna untuk membantu aktivitas sel yang sehat. Bahkan, garam juga mampu menenangkan kulit berkat sifat anti-inflamasinya serta bisa menghilangkan kotoran dan sel kulit mati yang terdapat di lapisan atas kulit sehingga kulit akan terasa lebih halus setelahnya.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menjadikan garam sebagai lulur dengan cara mencampurkan 2 sendok makan garam dengan 2 sendok makan madu. Setelah jadi, gunakan lulur tersebut untuk mengeksfoliasi tubuh Anda. Apabila ingin menggunakannya pada wajah, pastikan garam yang Anda pakai memiliki butiran kecil supaya kulit tidak rusak akibat eksfoliasi yang berlebihan.

3. Kopi

Kopi

Kopi tak sekadar berguna untuk meningkatkan semangat dan menunjang produktivitas, namun kopi juga bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik tampilan kulit. Kaya akan antioksidan yang jumlahnya secara signifikan lebih tinggi daripada teh atau wine, kopi memiliki kemampuan untuk membantu kulit melawan radikal bebas penyebab berbagai permasalahan seperti penuaan dini.

Selain itu, kopi juga sarat dengan vitamin B3 yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi hiperpigmentasi serta kemerahan. Kopi dalam bentuk lulur bahkan telah dikenal mampu mengurangi munculnya selulit apabila digunakan secara teratur.

Anda bisa mencampurkan beberapa sendok kopi bubuk dengan sedikit minyak kelapa untuk digunakan sebagai exfoliator. Sebelum diaplikasikan pada kulit, pastikan kulit Anda sudah dalam kondisi bersih ya Moms. Selalu ingat juga untuk menggunakan lulur kopi ini hanya pada area tubuh Anda dan hindari penggunaan pada wajah.

4. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau dianggap sebagai minuman paling sehat oleh banyak orang. Berkat kandungan nutrisi yang melimpah dan sifat antioksidannya, teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung lagi jumlahnya. Dalam teh hijau, ada pula sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang telah terbukti dapat mengobati jerawat dan kulit berminyak.

Populer sebagai pereda pembengkakan, teh hijau juga bisa meningkatkan elastisitas kulit sekaligus mencegah kerutan dini.

Dinginkan teh hijau celup yang sudah diseduh ke dalam lemari es selama 10 menit lalu gunakan di bagian bawah mata Anda guna menghilangkan kantong mata yang mengganggu. Pastikan untuk tidak mencampurkan teh hijau celup dengan bahan-bahan lainnya seperti gula atau madu ya Moms.

Nah, itulah 4 bahan dapur yang ternyata bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Moms, apabila bahan-bahan di atas menimbulkan reaksi negatif setelah diterapkan pada kulit Anda, selalu ingat untuk segera menghentikan perawatan pada saat itu juga ya. Sebaliknya, jika kulit Anda memiliki toleransi yang sangat baik terhadap bahan-bahan tersebut, maka Anda tetap bisa melanjutkan perawatan asalkan tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News