Bugar

4 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Keriput di Wajah, Apa Saja?

4 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Keriput di Wajah, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Selain produk skincare anti aging dan perawatan klinik kecantikan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan keriput di wajah. Cara ini bisa menjadi alternatif perawatan kulit secara alami. 

Setiap manusia tentu akan mengalami keriput seiring bertambahnya usia. Hal ini karena kolagen di dalam tubuh yang semakin berkurang. 

Namun, keriput masih bisa dihilangkan salah satunya dengan perawatan menggunakan bahan alami. Anda bisa membuat masker wajah dengan beberapa bahan di bawah ini.

Jika Anda tertarik mencoba, berikut empat bahan alami untuk menghilangkan keriput di wajah dilansir dari farmaninaclinic.com

1. Masker Pisang

Bahan alami pertama untuk menghilangkan keriput adalah masker pisang. Selain dikonsumsi, pisang bisa diolah menjadi masker alami wajah.

Hal ini karena pisang mengandung vitamin A, B dan E yang sangat efektif untuk menjaga kulit dan menjadi bahan alami untuk keriput di wajah.

Cara membuat masker pisang adalah dengan cara menumbuk halus pisang, lalu oleskan ke wajah. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Masker Putih Telur

Bahan alami untuk menghilangkan keriput selanjutnya adalah masker putih telur. Putih telur bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit jadi halus.

Putih telur juga merangsang produksi kolagen yang membuat kulit lebih kencang sehingga menghilangkan keriput. Bagi Anda yang alergi dengan telur, hindari penggunaan telur sebagai masker, pakailah bahan-bahan alami lainnya sebagai perawatan kulit anti aging. 

Baca Juga: Simak 3 Cara Memilih Produk Masker Kaki dengan Benar, Wajib Tahu!

3. Lidah Buaya

Berikutnya, lidah buaya juga termasuk bahan alami yang bisa menghilangkan keriput di wajah. Bahan alami ini tentu sudah tidak asing lagi untuk merawat dan menutrisi kulit. Lidah buaya bisa menjaga kelembapan kulit sehingga kerutan di wajah dapat menghilang.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology pada tahun 2015, para pakar menemukan bahwa dengan mengoleskan getah lidah buaya pada kulit dapat meningkatkan produksi kolagen. Hal inilah yang turut membantu menyamarkan kerutan atau garis-garis halus di wajah.

4. Minyak Zaitun 

Bahan alami lainnya untuk menghilangkan keriput adalah minyak zaitun. Menurut studi dalam Journal of the Americal College of Nutrition tahun 2001 mengemukakan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki keriput yang lebih sedikit.

Minyak zaitun dikenal dengan kandungan antioksidannya, vitamin A dan vitamin E yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

Cara menggunakan minyak zaitun pada kulit adalah dengan menuangkan satu sendok minyak zaitun ke tangan, lalu oleskan ke wajah dan pijat dengan lembut. Bilas dengan air hangat dan tepuk pelan-pelan menggunakan handuk lembut. 

Sekarang Anda sudah tahu bahan-bahan alami yang bisa menghilangkan keriput di wajah. Selain itu, pastikan juga Anda selalu mengonsumsi makanan sehat, berolahraga dan dibantu dengan produk skincare khusus anti aging. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News