Santai

4 Aplikasi Media Sosial Mirip Twitter, Bisa Jadi Alternatif jika Platform Ini Down

4 Aplikasi Media Sosial Mirip Twitter, Bisa Jadi Alternatif jika Platform Ini Down

MOMSMONEY.ID - Twitter menjadi salah satu platform media sosial yang populer di dunia. Ada beberapa media sosial mirip Twitter yang memiliki cara kerja yang sama. 

Media sosial mirip Twitter tersebut bisa Anda jadikan platform alternatif jika Twitter down atau mengalami gangguan. 

Perlu diketahui bahwa salah satu media sosial mirip Twitter ini ada yang didirikan oleh mantan CEO Twitter. 

Cara kerja media sosial mirip Twitter ini tidak jauh beda. Anda bisa mencuitkan dan menulis pendapat Anda melalui beberapa media sosial mirip Twitter ini. 

Kepopuleran Twitter membuat penggunanya khawatir jika platform ini down. Namun, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi Twitter down

Baca Juga: Ingin Lihat Tweet Lama? Ini Cara Download Semua Cuitan di Twitter

Nah untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 4 media sosial mirip Twitter yang bisa Anda gunakan:

1. Bluesky Social

Di tengah semua kekacauan di Twitter, mantan CEO Jack Dorsey diam-diam membangun Bluesky, sebuah platform jejaring sosial yang mirip dengan Twitter. 

Saat ini, layanan Bluesky sedang dalam tahap pengujian beta karena bersiap untuk peluncuran global.

Mengutip techcityng.com, Bluesky sebenarnya didirikan pada tahun 2019 sebagai inisiatif nirlab. 

Perusahaan ini independen dari Twitter dan tidak seperti aplikasi media sosial baru Elon Musk. 

Satu klaim kuat dari jaringan sosial yang akan datang, Bluesky, adalah bebas dari pengaruh pemerintah. 

Hingga saat ini, tidak ada tanggal yang ditentukan kapan Bluesky akan mulai diluncurkan. 

Baca Juga: Cara Download Lagu MP3 Gratis di HP Tanpa Ribet, Termudah bagi Pemula

2. Mastodon

Mengutip eraspace, Mostodon menjadi salah satu aplikasi media sosial yang telah diunduh sebanyak 500.000 lebih di Play Store hingga saat ini. 

Mastodon sendiri adalah jejaring sosial terdesentralisasi asal Jerman yang diluncurkan pada tahun 2016. Mastodon dikembangkan oleh sebuah organisasi nirlaba Jerman yang dipimpin Rochko yaitu Mastodon gGmbhH.

Sebagai aplikasi terdesentralisasi di bawah organisasi nirlaba, menjadikan Mastodon sebagai platform yang mengutamakan keuntungan publik, bukan pemegang saham. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang tertarik menggunakannya.

Cara menggunakan Mastodon sedikit berbeda dengan Twitter. Mastodon dirancang seperti sistem e-mail. Aplikasi ini terkesann lebih rumit namun fiturnya tetap bisa dinikmati.

3. Discord

Meski cara penggunaannya berbeda dengan Twitter, aplikasi Discord ini bisa dijadikan alternatif pengganti Twitter. 

Discord memungkinkan Anda untuk menjadi bagian dari komunitas melalui teks, suara, dan video, selama Anda bergabung dengan Server yang relevan dan mematuhi aturan mereka.

4. Reddit

Reddit adalah situs berbagi sosial yang bisa mengirimkan tautan, gambar, dan teks, yang kemudian dapat dipilih oleh semua orang.

Reddit adalah situs yang sangat besar, tetapi terbagi menjadi ribuan komunitas kecil yang disebut subreddit. Subreddit hanyalah platform yang dikhususkan untuk topik tertentu.

Saat Anda mengunjungi beranda Reddit (saat tidak masuk), Anda akan melihat umpan postingan yang sedang tren dari berbagai subreddit ("subs"). Anda dapat mengeklik judul kiriman untuk membukanya dan membaca komentar, melihat gambar berukuran penuh, atau mengunjungi tautannya.

Di samping setiap kiriman Reddit (dan komentar pada kiriman), Anda akan melihat angka yang mewakili skornya, beserta panah ke atas dan panah ke bawah. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan atau menurunkan konten. Namun, ini bukan tombol "setuju" dan "tidak setuju".

Baca Juga: Kena Suspend? Begini Cara Mengembalikan Akun Twitter Ditangguhkan

Cara mengatasi Twitter down

1. Periksa status Twitter

Periksa halaman status Twitter untuk melihat apakah terjadi sesuatu dengan platform media sosial. Jika Anda melihat pesan seperti "gangguan layanan" baru-baru ini, ada masalah dengan Twitter.

2. Akses Twitter di platform yang berbeda

Biasanya, kebanyakan orang mengakses Twitter dari aplikasi atau dari browser web. Jika salah satu metode ini tidak berhasil, coba metode lain. Anda bisa mencoba akses Twitter di platform lain seperti browser dan aplikasi di HP.

3. Mulai ulang perangkat Anda

Jika Anda masih tidak dapat mengakses Twitter, matikan perangkat lalu hidupkan kembali. Restart terkadang memperbaiki masalah koneksi dan aplikasi.

4. Periksa penyaringan

Beberapa alat memblokir akses ke situs media sosial. Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah itu yang terjadi dengan situasi Anda.

Baca Juga: Begini Cara Download Video YouTube MP4 Tanpa Aplikasi dengan Mudah

5. Periksa koneksi jaringan Anda

Periksa untuk melihat apakah Anda terhubung ke jaringan dengan membuka browser ke situs utama lainnya, seperti Google. Jika Anda tidak dapat terhubung ke situs lain, masalahnya mungkin jaringan rumah Anda.

6. Ubah pengaturan server DNS

Jika sebagian besar akses dan koneksi internet Anda berfungsi, tetapi Twitter tidak berfungsi, ubah pengaturan DNS perangkat Anda. Terkadang pengaturan DNS yang tidak lengkap, tidak akurat, atau diblokir mencegah akses ke situs tertentu.

7. Periksa masalah akun

Jika Anda dapat terhubung ke Twitter, tetapi tidak dapat masuk, kemungkinan akun Anda yang bermsalah. 

Bisa jadi Anda lupa password atau kata sandi, akun Anda terkunci dan akun Anda kena suspend dari Twitter. 

Itulah 4 aplikasi media sosial mirip Twitter yang bisa Anda jadikan alternatif jika Twitter down atau Twitter ditutup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News