Keluarga

4 Alasan Rasa Makanan di Restoran Terasa Lebih Lezat Dibandingkan Masakan Rumah

4 Alasan Rasa Makanan di Restoran Terasa Lebih Lezat Dibandingkan Masakan Rumah

MOMSMONEY.ID - Pernah coba meniru menu restoran untuk dibuat di rumah tapi hasilnya tak seenak buatan restoran? Ternyata, ada beberapa alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat dibandingkan makanan di rumah.

Beberapa alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat dibandingkan makanan di rumah mencangkup hal-hal detail seperti pengalaman koki, efek rasa makanan, hingga penyajian ala restoran yang khusus tak hanya membuat orang kenyang tapi juga puas secara visual.

Untuk tahu alasan mengapa rasa makanan di restoran terasa lebih lezat dibandingkan makanan di rumah, berikut ulasannya dilansir dari Better Food dan Times of India!

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Memasak ala Prancis yang Bisa Moms Tiru di Rumah

1. Pengalaman memasak yang berulang

Alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat dibandingkan makanan di rumah terletak pada pengalaman masak yang berulang.

Di rumah, menu makanan yang disajikan dapat berbeda-beda setiap harinya sehingga jarang ada kesempatan mengulangi tahapan masak yang sama.

Sementara di restoran, hidangan khas ada di menu dan dibuat setiap hari. Jadi, kebiasaan membuat hidangan yang sama berulang-ulang secara bertahap membuat rasa makanan jadi lebih baik dan konsisten sempurna.

Baca Juga: 5 Trik Bikin Aroma dan Rasa Rempah-Rempah Jadi Lebih Wangi dan Keluar

2. Fokus pada detail

Berfokus pada detail juga menjadi salah satu alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat dibandingkan makanan di rumah.

Hal-hal kecil seperti suhu yang tepat, cara penggunaan, hingga urutan masak juga dapat memengaruhi rasa makanan.

Di restoran, koki sangat memerhatikan detail masakan seperti penggunaan termometer saat memasak daging yang tak mungkin diukur suhunya saat memasaknya di rumah.

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

3. Efek umami

Efek rasa umami juga jadi salah satu alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat daripada makanan di rumah.

Koki di restoran dilatih untuk membuat makanan yang dapat memuaskan semua panca indera fisik. Dan umami digambarkan sebagai rasa gurih yang menunjukkan kaldu dan daging yang dimasak dalam waktu lama, membuatnya menjadi empuk dan berair.

Baca Juga: Trik Perbaiki Rasa Makanan yang Terlalu Asin, Moms Bisa Tiru Caranya!

Chef Mengiris Bahan Makanan

Di sisi lain, umami juga mengacu pada tekstur dan rasa makanan yang bersatu, membuat siapapun yang makan jadi merasa senang. Tentu hal ini tidak bisa didapatkan ketika memakan makanan yang dibuat di rumah.

Ini karena koki rumahan kerap kali tak punya waktu untuk menciptakan perasaan dan suasana seputar makanan. Inilah salah satu alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat daripada makanan di rumah.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

4. Presentasi makanan

Tips Food Plating

Koki adalah seniman. Koki tak hanya dituntut membuat masakan yang enak tetapi juga masakan yang cantik dan indah dilihat. Proses menata dan mendekorasi makanan dengan tujuan mempercantik inilah yang disebut Food Plating.

Baca Juga: 5 Tips Food Plating untuk Percantik Sajian Makanan di atas Piring

Kreativitas dalam mendekorasi makanan adalah salah satu bagian penting dari pengalaman makan di restoran. Ini menjadi alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat daripada makanan di rumah.

Koki di rumah tak akan punya cukup waktu untuk menyajikan makanan yang cantik karena keutamaan koki di rumah adalah membuat keluarga kenyang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News