HOME, Santai

4 Akibat Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Minum Air Putih!

4 Akibat Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Minum Air Putih!

MOMSMONEY.ID - Minum air putih merupakan salah satu hal baik yang wajib dilakukan setiap saat. Namun, saat berpuasa ini konsumsi air putih juga tentunya akan semakin berkurang.

Hal tersebut tentunya dapat digantikan dengan mengonsumsi banyak air putih setelah berbuka.

Maka itu, pastikan untuk selalu mengonsumsi air putih walau sedang berpuasa. Nah, berikut ini beberapa akibat kurangnya minum air putih. 

Baca Juga: Aman Ditonton Saat Bulan Puasa, Ini 4 Rekomendasi Drakor Tanpa Adegan Ciuman!

Sembelit

Kurangnya konsumsi air putih akan membuat masalah pencernaan menjadi terganggu. Sembelit merupakan salah satu akibat yang terjadi jika kurang minum air putih.

Laman Well and Good menjelaskan bahwa diperlukan banyak air untuk mencerna dan memproses makanan pada usus hingga bisa keluar menjadi kotoran. Jika tubuh kekurangan air maka kecenderungan kotoran menjadi kering dan resiko sembelit pun dapat dengan mudah terjadi.

Merasa lapar

Kurang minum air putih yang menyebabkan dehidrasi ternyata juga bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah merasa lapar. Hal tersebut terjadi karena sinyal lapar dan haus berasal dari sel yang sama di otak, yaitu hypothalamus.

Hal inilah yang kemudian memicu seseorang untuk makan makanan ringan, snack, atau camilan secara tidak terkontrol. Maka dari itu penting untuk mengkonsumsi cukup air sebelum makan untuk menghindari rasa lapar yang tidak terkontrol.

Baca Juga: 4 Jenis Roti Sehat Pengganti Roti Gandum, Ada Sourdough Juga Loh!

Menurunkan metabolisme

Laman Eating Well juga menjelaskan bahwa kurang minum air putih bisa berisiko menurunkan metabolisme seseorang. Air merupakan salah satu kandungan yang selalu dibutuhkan di semua bagian tubuh untuk bisa bekerja dengan baik.

Sehingga ketika tubuh kekurangan air putih, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik begitu juga metabolismenya. Metabolisme juga akan turn dengan mudah ketika tubuh kehilangan energi dan kekurangan air.

Moody

Seseorang yang kekurangan minum air putih juga bisa menjadi lebih moody. Kurangnya konsumsi air membuat seseorang menjadi mudah tersinggung, senditif, dan mudah marah atau cranky.

Jika merasakan mood yang naik turun, menjadi lebih sensitive, dan cranky tanpa sebab, cobalah untuk mengkonsumsi banyak air putih. Biasanya selain menjadi moody, hal lain seperti sakit kepala juga muncul sebagai akibat kurangnya konsumsi air putih bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News