Keluarga

3 Trik Permudah Mengupas Cangkang Telur Supaya Mulus Tanpa Sisa

3 Trik Permudah Mengupas Cangkang Telur Supaya Mulus Tanpa Sisa

MOMSMONEY.ID - Mengupas cangkang telur setelah merebusnya terkadang jadi hal yang cukup bikin ribet. Pasalnya, terkadang ada sisa cangkang dengan ukuran kecil yang masih menempel pada telur.

Ada berbagai trik yang dapat mempermudah pengupasan cangkang telur rebus ini, mulai dari metode perebusan, hingga metode setelah telur matang.

Langsung saja intip trik-trik mengupas cangkang telur dengan mudah yang dirangkum dari Wholesome Yum dan Serious Eats, berikut ini!

Baca Juga: Makanan Terlalu Berminyak? Ini Cara Kurangi Minyak Berlebih pada Makanan

Cuka

Cuka putih atau cuka apel dapat membuat cangkang telur rebus menjadi lembut.

Anda hanya perlu setetes atau dua tetes cuka untuk dapat melunakkan dan mempermudah mengupas cangkang telur. Penambahan cuka dapat dilakukan pada saat masih merebus air.

Tambahkan telur ke dalamnya dan tunggu hingga matang. Setelah itu bilas sebentar dan kupas. Tenang saja, rasa cuka tak akan masuk ke dalam telur.

Baca Juga: Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Makan Prasmanan di Kondangan

Garam

Tambahkan garam saat merebus telur. Garam memiliki banyak manfaat untuk perebusan telur, di antaranya dapat membuat suhu air cepat naik sehingga telur cepat matang, hingga mempermudah proses pengupasan.

Garam dapat membuat cangkang telur jadi lebih mudah dikupas serta mulus tanpa menyisakan butiran kecil cangkang.

Baca Juga: Tips Menata dan Memperindah Makanan ala Chef dalam Teknik Food Plating

Air dingin

Untuk permudah pengupasan cangkang telur rebus tanpa ada sisa, Anda hanya perlu air dingin atau air es.

Setelah telur rebus matang, angkat dan masukkan telur ke dalam air dingin. Diamkan telur hingga mendingin dengan sendirinya.

Cara ini berhasil membuat cangkang telur terkelupas secara merata, lebih cepat, dan tanpa adanya potongan kecil cangkang yang sulit untuk di ambil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News