Keluarga

3 Tips Mengolah Kentang Agar Tak Menghitam Akibat Proses Oksidasi

3 Tips Mengolah Kentang Agar Tak Menghitam Akibat Proses Oksidasi

MOMSMONEY.ID - Saat sedang mengupas kentang, sering melihat kentang berubah menjadi kehitaman dalam waktu singkat? Perubahan warna ini disebut sebagai proses oksidasi. Untuk mencegah itu terjadi, simak tips mengolah kentang agar tak menghitam, berikut ini!

Proses oksidasi pada kentang terjadi karena kentang secara alami tergolong ke dalam jenis sayuran yang mengandung pati. Sementara itu, reaksi kimia pati jika terkena oksigen akan berubah warna menjadi kehitaman atau abu-abu.

Tapi tenang, bagi Moms yang ingin tampilan kentang tetap berwarna putih dan bersih, MomsMoney sajikan 3 tips mengolah kentang agar tak menghitam. Melansir dari Master Class dan Taste of Home, ini dia!

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Rendam dalam air dingin

Tips mengolah kentang agar tak menghitam karena oksidasi bisa dilakukan dengan cepat merendamnya ke dalam air dingin.

Jika kentang tak segera dimasak, simpan kentang kupas yang tertutup air di dalam lemari es hingga Anda siap memasaknya.

Namun perlu diingat, jika Anda ingin menggoreng kentang, lap kentang dengan tisu hingga benar-benar kering. Ini ditujukan agar pada saat menggoreng, minyak tidak meletup-letup.

Baca Juga: Kurangi Minyak Berlebih, Ikuti 4 Cara Menggoreng Ikan Anti Meletup

Tambahkan perasan lemon

Cara Terbaik Bikin Kentang Kupas Tak Menghitam Karena Oksidasi

Baca Juga: Anti Rontok, Ikuti 4 Cara Bikin Tepung Panir Awet Menempel pada Makanan

Menambahkan zat asam ke seluruh permukaan kentang merupakan salah satu tips mengolah kentang agar tak menghitam akibat oksidasi. Zat asam tersebut bisa diperoleh dari perasan lemon ataupun cuka.

Tuangkan perasan lemon atau cuka ke dalam kentang yang telah dikupas, lalu aduk semuanya hingga seluruh permukaan kentang kupas terlapisi zat asam tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Rendam dalam air garam

Tips mengolah kentang agar tak menghitam karena oksidasi adalah dengan mencelupkan kentang ke dalam air garam. Kombinasi air & garam adalah cara terbaik mencegah proses oksidasi terjadi.

Coba tiru sederet tips mengolah kentang agar tak menghitam dengan cepat karena proses oksidasi seperti di atas. Ikuti langkah-langkahnya sebelum menggoreng kentang ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News