Keluarga

3 Rutinitas Malam untuk Meningkatkan Produksi Kolagen, Terapkan Yuk!

3 Rutinitas Malam untuk Meningkatkan Produksi Kolagen, Terapkan Yuk!

MOMSMONEY.ID - Supaya kulit awet muda, terapkanlah 3 rutinitas malam untuk meningkatkan produksi kolagen ini.

Kolagen merupakan elemen penting untuk menunjang performa kulit. Sayangnya, produksi kolagen cenderung menurun seiring bertambahnya usia.

Jika tidak diimbangi dengan perawatan yang sesuai, bukan tidak mungkin kulit akan lebih cepat terlihat tua.

Sebagai solusi, ada 3 rutinitas malam untuk meningkatkan produksi kolagen yang patut Anda coba. Melansir MindBodyGreen, berikut uraiannya:

Baca Juga: Kenapa Jerawat Tak Sembuh-Sembuh? Inilah 6 Penyebab Jerawat Tak Kunjung Sembuh

1. Pakai retinol

Retinol

Retinol telah terbukti mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit untuk membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Berikatan dengan reseptor retinoid di dalam sel kulit, retinol dapat mengaktifkan gen yang mengatur produksi kolagen.

Retinol juga bisa membantu mempercepat siklus pergantian alami kulit. Itu artinya, bahan aktif skincare yang satu ini mampu membantu melepaskan sel-sel kulit mati dan mengungkap sel-sel kulit baru yang sehat. Adapun sel-sel kulit baru ini lebih mampu menghasilkan kolagen.

Kendati demikian, tidak semua orang dapat menoleransi retinol. Jadi, pastikan untuk melakukan patch test atau uji tempel sebelum menggunakan produk skincare apapun yang mengandung retinol.

Selalu ingat juga untuk menggunakan retinol hanya pada malam hari dan memakai sunscreen pada keesokan paginya karena retinol bisa menyebabkan fotosensitifitas.

2. Minum suplemen kolagen

Suplemen kolagen hydrolyzed

Suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, mendukung elastisitas kulit, dan mengurangi tampilan garis-garis halus.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi suplemen kolagen kapan saja sepanjang hari.

Namun, suplemen kolagen akan bekerja dengan baik ketika diminum pada pagi hari atau sebelum tidur, menurut seorang profesor farmakologi dan toksikologi di Michigan State University College of Human Medicine bernama James Galligan, Ph.D.

Supaya tidak terasa membosankan, Anda dapat mencampurkan bubuk kolagen ke dalam susu hangat favorit Anda.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Korea yang Bagus untuk Kulit, Salah Satunya Favorit Banyak Orang!

3. Tidur

Tidur di ruangan gelap

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon stres kortisol. Adapun hormon ini bisa memecah kolagen dari waktu ke waktu.

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara tidur dengan produksi kolagen. Dan, jika Anda kurang tidur dari malam ke malam, itu dapat menurunkan pertahanan antioksidan.

Pada gilirannya, tubuh dan kulit Anda akan lebih rentan terhadap kerusakan oksidatif.

Guna memudahkan tidur pada malam hari, pastikan Anda mengurangi penggunaan gadget menjelang waktu tidur, menghindari kafein pada sore hari, dan menerapkan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur seperti meditasi.

Itulah 3 rutinitas malam untuk meningkatkan produksi kolagen. Semoga bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News