Bugar

3 Produk Perawatan Kulit yang Aman untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

3 Produk Perawatan Kulit yang Aman untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Perlu lebih hati-hati merawat kulit, inilah tiga produk perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil.

Saat hamil memang sangat lebih berhati-hati memilih produk makanan, minuman hingga produk skincare yang digunakan oleh ibu hamil. Hal ini karena bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan bayi. 

Ibu hamil juga perlu merawat kulit supaya selama kehamilan kesehatan kulit tetap terjaga. Supaya tidak keliru, berikut tiga produk perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil dilansir dari johnsonsbaby.co.id, yaitu: 

1. Tabir surya atau sunscreen

Pertama, produk perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil adalah sunscreen. Saat hamil, Anda tetap harus melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Tabir surya merupakan salah satu produk yang sudah dianjurkan oleh ahli kulit untuk mencegah gangguan atau penyakit kulit seperti kanker.

Sehingga, Anda tak boleh lupa untuk menggunakan sunscreen setiap akan bepergian di udara terbuka di siang hari, sebagai salah satu persiapan menjelang persalinan.

Oleskan tabir surya setiap dua jam sekali agar manfaatnya tetap maksimal. Selain tabir surya, Anda juga dapat mengenakan topi, kaca mata hitam serta pakaian serba tertutup untuk mengurangi sengatan matahari terutama di jam 10 pagi hingga 4 sore.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare untuk Mengatasi Bekas Jerawat, Perlu Dicoba!

2. Krim anti penuaan

Produk perawatan kulit untuk ibu hamil selanjutnya adalah krim anti penuaan. Pada pelembab anti penuaan bisa ditemukan zat retinoid yang menurut ahli kulit mampu mengurangi keriput dan memperbaiki warna kulit.

Retinoid adalah jenis vitamin A yang dapat membantu mempercepat pembelahan sel (mempercepat pembaharuan kulit) dan mencegah kolagen kulit dari kerusakan.

Namun, ada anggapan bahwa kandungan vitamin A pada retinoid tidak dianjurkan oleh Ibu hamil jika digunakan secara berlebihan, karena dapat membahayakan perkembangan janin dalam kandungan.

Bahkan produk retinoid oral, seperti isotretinoin (sering ditemukan pada obat jerawat oral), dikhawatirkan dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan produk perawatan wajah yang tidak berlebihan dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

Untuk memastikan keamanan krim anti penuaan yang Anda gunakan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ataupun ahli kulit soal kandungan dan cara pemakaian produk tersebut.

Baca Juga: Beda dengan Beras Putih, Ini Sederet Manfaat Beras Jasmine yang Luar Biasa

3. Produk untuk kulit berjerawat

Produk perawatan kulit untuk ibu hamil terakhir adalah produk untuk kulit berjerawat. Saat hamil, peningkatan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Kondisi seperti ini tentunya bisa membuat Anda merasa terganggu terutama saat Anda sedang sibuk mempersiapkan kelahiran bayi.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan produk perawatan wajah untuk mengatasi jerawat, namun tetaplah jeli dalam memilih produk tersebut.

Kosmetik yang mengandung tidak lebih dari 2% asam salisilat (ditemukan di beberapa make up untuk kulit berjerawat), masih terhitung aman untuk digunakan oleh ibu hamil.

Sebaliknya, kandungan asam salisilat yang tinggi, dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti gangguan perkembangan paru-paru pada bayi hingga keguguran.

Agar tak salah memilih, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter supaya perkembangan janin dalam kandungan tetap aman, dan persiapan untuk melahirkan yang Anda lakukan tidak terganggu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News