HOME, Santai

3 Metode Manual Brew Ini Bisa Dicoba Untuk Ngopi Dirumah

3 Metode Manual Brew Ini Bisa Dicoba Untuk Ngopi Dirumah

MOMSMONEY.ID - Pecinta kopi pastinya akan merasa seperti tak bisa hidup jika sehari saja tidak menikmati secangkir kopi. Dalam masa PPKM seperti saat ini tentunya membuat mobilitas Anda untuk menikmati secangkir kopi di coffee shop kesayangan Anda menjadi terhambat.

Tak perlu khawatir sebenarnya. Banyak metode yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menyeduh kopi harian Anda. Bermodalkan alat-alat seduh yang mudah Anda dapatkan dan biji atau bubuk kopi favorit Anda, maka Anda sudah dapat menikmati manual brew Anda di rumah.

Nah, ini dia tiga metode penyeduhan kopi secara manual yang dapat Anda lakukan di rumah dalam masa PPKM ini.

Baca Juga: Cafe Vlog, intip keseharian seorang pekerja cafe

Pour Over atau V60

Bermodalkan alat V60 yang berbentuk seperti corong huruf V dengan kemiringan 60 derajat, Anda dapat menikmati kopi dengan rasa yang lembut. 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan alat serta kertas filter yang digunakan untuk menyaring bubuk kopi yang akan Anda nikmati. Jika memungkinkan, Anda dapat menggunakan timbangan untuk memberikan takaran yang seimbang antara dose kopi dan air pada hasil V60 Anda.


French Press

Metode ini cenderung lebih muda dilakukan dibanding pour over V60. Dengan menggunakan alat French press yang berbentuk seperti gelas dengan tambahan alat untuk menekan ampas kopi Anda.

Disarankan untuk menggunakan kopi dengan gilingan kasar agar ampas kopi tidak ikut larut saat proses ekstraksi.


Anda membutuhkan waktu selama kurang lebih 4 menit untuk membiarkan kopi Anda terproses sebelum Anda menekan alat tekan yang ada pada gelas French press Anda untuk memisahkan ampas dan air kopi. Kemudian Anda dapat menuangkan air tanpa ampas pada gelas seduh Anda.

Moka pot

Jika Anda memiliki alat moka pot, maka Anda dapat menggunakan alat ini untuk membuat kopi di rumah. Alat ini berbentuk seperti ceret kecil dan menggunakan panas untuk membuat kopi seduhannya. 


Alat ini dapat membuat hasil kopi yang memiliki rasa hampir sama dengan kopi seduhan mesin espresso namun dengan harga yang lebih terjangkau tentunya.

Nantinya kopi yang berada pada ruang tengah alat ini akan dilewati tekanan uap dari bagian bawah alat. Hasil dari seduhan kopi ini nanti akan berada pada bagian atas.

Selanjutnya: Coba Kirimi Bento Cake Box ini Untuk Teman Yang Berulang Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News