HOME, Keluarga

3 Menu untuk Diet Anjing Peliharaan yang Obesitas

3 Menu untuk Diet Anjing Peliharaan yang Obesitas

MOMSMONEY.ID - Anjing seharusnya menjadi hewan peliharaan yang lincah dan pandai bermain. Akan tetapi, obesitas akan menjadi masalah untuk mereka bergerak. Maka, anjing peliharaan perlu mendapat nutrisi dan makanan yang tepat untuk mengatasi kegemukan berlebih, alias tidak mementingkan kalori saja.

Dilansir dari Dogslim.com, asupan kalori anjing yang direkomendasikan untuk penurunan berat badan anjing sangat bervariasi yang mencerminkan ukuran dan profil aktivitas ratusan ras anjing. Untung menghitung asupan kalori diet anjing peliharaan, Anda perlu mengetahui target berat badan anjing Anda. Misalnya, anjing ras golden retriever memiliki berat ideal 30-34 kg, artinya dalam sehari mereka membutuhkan asupan kalori harian sebanyak 897-1007 kkal untuk diet.

Baca Juga: 8 Makanan Manusia yang Aman Dikonsumsi Anjing Peliharaan

Untuk membantu Anda menentukan menu sehat, berikut ini beberapa menu makanan anjing buatan rumahan yang tinggi protein dan sesuai dengan kebutuhan kalori diet anjing Anda.

Bahan Dasar Ayam

Resep ini menggunakan bahan dasar daging ayam, mengandung 1000 kkal dan 76 g protein.

Bahan-Bahan:

290 g dada ayam tanpa kulit

145 g beras merah

46 g brokoli

46 g wortel

46 g kacang polong

2 sdt minyak zaitun

2 sdm psyllium powder (suplemen serat)

Cara membuat:

Masak nasi sampai empuk yang dapat Anda ikuti sesuai petunjuk. Kukus semua sayur-sayuran sampai empuk. Lalu, masak ayam dengan cara direbus dan dipotong dadu. Setelah bahan utama matang, campurkan ke dalam satu wadah dan tambahkan minyak zaitun dan bubuk psyllium. Anda juga dapat menambahkan suplemen vitamin dan mineral untuk anjing sebelum disajikan.

Baca Juga: Risiko Memberikan Anjing Peliharaan Makan Daging Mentah

Bahan Dasar Ikan Tuna

Resep ini menggunakan bahan dasar ikan tuna. Anda dapat menggunakan ikan tuna kalengan atau tuna ikan utuh. Resep ini menyediakan 1000 kkal dan 149 g protein.

Bahan-Bahan:

577 g tuna kalengan

288 g kentang kupas

138 g kembang kol

138 g kacang hijau

2 sdt minyak zaitun

1 sdm psyllium powder

Cara membuat:

Potong-potong dadu sayuran, lalu kukus hingga empuk. Hancurkan tuna kalengan dan campurkan sayuran ke dalam satu wadah. Setelah itu, Anda dapat menambahkan minyak zaitun dan bubuk psyllium. Untuk menu ini, Anda juga dapat menambahkan suplemen multivitamin lain sebelum disajikan untuk anjing.

Buah-Buahan untuk Cemilan

Selain makanan di atas, menu diet anjing juga dapat berupa buah-buahan yang aman untuknya. Misalnya, apel (52 kkal/100 g), pisang (89 kkal/100 g), wortel (41 kkal/100 g), labu matang (45 kkal/100 g), semangka tanpa biji (30 kkal/100 g), dan kacang polong (41 kkal/100 g).

Anda dapat memberikannya dengan potongan-potongan yang sesuai dengan mulut anjing, diberikan dalam keadaan segar, dan dikupas. Buah memang tidak bisa menjadi makanan utama, tetapi ini baik untuk menjadi cemilan yang praktis dan sehat. Alih-alih memberikan treats yang terkadang tinggi kalori.

Selanjutnya: Hati-Hati! Skabies, Penyakit Kulit yang Menjangkit Hewan Ini Menular ke Manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News